5 Keuntungan Bersepeda di Jakarta yang Patut Anda Coba

Tinggal di kota besar seperti kota Jakarta sering membuat Anda tidak punya waktu untuk melakukan olahraga. Pasalnya, waktu semakin terbatas karena jalanan di Jakarta cukup padat dan menyebabkan kemacetan. Hasilnya, Anda sudah cukup Lelah untuk berolahraga. Beberapa orang memiliki solusi untuk berolahraga di tempat gym di dalam ruangan setelah selesai bekerja.

Hal tersebut sah-sah saja. Namun, berolahraga di gym tentunya pun akan mengeluarkan biaya dan terkadang olahraga di dalam ruangan juga membuat Anda jenuh serta bosan. Jika Anda ingin berolahraga di luar ruangan, Anda bisa memilih olahraga luar ruangan seperti bersepeda. Selain menyehatkan, bersepeda di Jakarta memiliki banyak keuntungan. Beberapa keuntungan bersepeda di Jakarta yang wajib Anda ketahui yakni:

Meningkatkan Stamina Tubuh

Keuntungan bersepeda yang pertama adalah dapat meningkatkan stamina tubuh Anda.  Bersepeda merupakan jenis olahraga kardio yang baik untuk meningkatkan stamina. Ketika Anda bersepeda, jantung Anda akan bekerja lebih cepat dan memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan lebih banyak oksigen dan membuat paru-paru Anda lebih efisien. Hasilnya, tubuh Anda akan memiliki stamina lebih.

Membakar Lemak yang Ada di dalam Tubuh

Nah, bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan atau menjaga berat badan, Anda bisa melakukan olahraga bersepeda. Olahraga ini memiliki manfaat untuk membakar lemak yang menumpuk dan memperkuat otot-otot tubuh Anda terutama pada bagian kaki. Bersepeda secara rutin akan membuat otot-otot kaki Anda kuat dan koordinasi kaki juga akan meningkat. Jika Anda bersepeda secara rutin otot kaki akan kuat dan keseimbangan anda akan ikut meningkat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Keuntungan bersepeda di Jakarta berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Sudah ada beberapa penelitian yang mengatakan rutin berbersepeda dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Salah satu penelitian dilakukan oleh British Medical Association, BMA mengatakan risiko penyakit jantung koroner dapat turun hingga 50 persen. Lebih lanjut, berbersepeda juga akan membuat Anda 10 tahun lebih muda, lho.

Memperbaiki Gaya Hidup

Salah satu manfaat bersepeda di Jakarta yakni adalah memperbaiki gaya hidup Anda. Rutinitas harian mulai dari pekerjaan dan kemacetan bisa membuat Anda mudah stres. Efek dari stres yakni nafsu makan Anda akan terganggu baik turun atau pun naik, mood menurun, susah tidur, dan tubuh akan mudah lemas. bersepeda di Jakarta akan membuat nafsu makan Anda menjadi stabil, mood naik, tubuh segar, dan mengobati masalah susah tidur.

Bertemu Komunitas

Selain menyehatkan, bersepeda di Jakarta juga memiliki keuntungan lain yaitu bertemu komunitas dan membangun networking. Seperti kota-kota besar di negara lain, Jakarta memiliki banyak komunitas termasuk komunitas pecinta olahraga sepeda. Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang menyukai sepeda dan bisa bertukar informasi mengenai kegiatan bersepeda, acara, peralatan bersepeda hingga membangun networking Anda.

Itulah 5 keuntungan bersepeda di Jakarta yang patut Anda coba. Selain menyehatkan, bersepeda juga mengasyikan dan dapat bertemu dengan banyak komunitas. Jika Anda ingin mengikuti lomba atau fun ride, Anda bisa mengikuti acara PRURide Indonesia 2019 dari Prudential.

PRURide Indonesia 2019 merupakan sportsfest terbesar di Indonesia dari Prudential Indonesia yang melibatkan partisipasi ribuan penggemar olahraga sepeda serta menggabungkan gaya hidup sehat, pertunjukan musik dari musisi ternama, kuliner sehat dan atraksi spesial lainnya dalam satu tempat.

Back to Top