5 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Sebaiknya Dikonsumsi | Prudential Indonesia

5 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Sebaiknya Dikonsumsi, Apa Saja?

Siapa saja bisa terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi, terlepas dari umur dan riwayat kesehatan yang dimiliki. Tetapi, Anda mungkin perlu lebih waspada jika kebiasaan makan Anda memang tergolong tidak sehat.

Beberapa makanan dan minuman seperti kopi, keripik kentang, atau makanan kaleng disinyalir dapat mempengaruhi peningkatan tekanan darah. Jika konsumsinya dibiarkan tidak teratur, Anda bisa saja berisiko terkena serangan jantung dan strok.

Sebaliknya, apa saja makanan penurun darah tinggi yang dapat Anda konsumsi untuk menghindari risiko-risiko tadi? Berikut adalah beberapa pilihannya!

Pisang

Selain rasanya yang manis dan enak, buah pisang juga diperkaya akan kandungan kalium yang dapat membantu Anda mengurangi efek sodium. Sodium diketahui merupakan salah satu penyebab utama hipertensi.

Oatmeal

Tak hanya pisang, oatmeal juga dikenal berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, ternyata kandungan serat tinggi serta tingkat lemak dan sodium rendah menobatkan oatmeal sebagai salah satu makanan penurun darah tinggi.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Kesehatan Jantung Anda yang Sebaiknya Dikonsumsi

Bayam

Berikutnya, makanan penurun darah tinggi lainnya adalah bayam. Sayuran yang satu ini merupakan pilihan makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan sering direkomendasikan para ahli kandungan. Hal ini karena kandungan asam nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah dan membuat sirkulasi menjadi lancar. Jadi, Anda pun juga perlu mengkonsumsi bayam.

Ikan Salmon

Ikan ini termasuk salah satu makanan penurun darah tinggi paling favorit lantaran kandungan Omega-3 dan Vitamin D yang dimilikinya. Terlebih lagi, banyak sekali resep-resep unik yang bisa Anda coba menggunakan ikan ini.

Yoghurt

Asupan lemak yang terlalu tinggi dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Maka dari itu, ganti sumber kalsium Anda dengan yoghurt untuk mengurangi asupan lemak yang berlebihan.

Nah, itu tadi adalah beberapa contoh makanan penurun darah tinggi. Tetapi, perlu diketahui bahwa makanan saja tidak cukup untuk melindungi Anda dari risiko hipertensi. Miliki pola hidup yang sehat dengan berolahraga, istirahat yang cukup, serta melakukan medical check up secara berkala.

Bila perlu, Anda dapat membeli produk Asuransi Jiwa seperti PRUCritical Benefit 88 yang mampu melindungi Anda dari risiko jiwa dan kesehatan karena hipertensi. Salah satu contohnya adalah Manfaat Angioplasti hingga Rp200.000.000 untuk perawatan karena salah satu dari 60 Kondisi Kritis, termasuk strok dan serangan jantung.

Baca Juga: 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari untuk Para Penderita Kolesterol

Back to Top