5 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Ibu Hamil yang Perlu Diketahui | Prudential Indonesia

5 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Semua orang mengetahui kebaikan yang dikandung oleh sayuran pada masa kehamilan. Sayuran membantu para ibu untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan juga menambah energi yang harus dimiliki saat mengandung janin. Namun, ternyata ada satu jenis sayur yang khususnya perlu diperhatikan, lho!

Ya, jenis sayur yang dimaksud adalah bayam. Bahkan, manfaat sayur bayam dipercaya dapat membantu Anda untuk memiliki masa kehamilan yang sehat dan bahagia. Ingin tahu beberapa manfaat tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

Memenuhi Kebutuhan Protein

Bayam merupakan sumber protein nabati yang baik. Bahkan, kandungan proteinnya menjadikan manfaat sayur bayam untuk Ibu hamil juga dapat dirasakan oleh berbagai bagian tubuh yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah kulit, otot, dan juga tulang. Sayur bayam dapat membantu Anda menjaga kesehatan ketiganya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Para ahli kandungan menganjurkan menjaga kesehatan dan mengonsumsi nutrisi yang cukup. Hal ini karena kekebalan tubuh ibu hamil cenderung melemah. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yakni aktivitas Sel T yang berkurang, tingkat stres yang tinggi, kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi, serta melakukan aktivitas yang berlebihan saat masa kehamilan. Namun, Anda dapat memanfaatkan bayam untuk memperbaiki sistem imun. Bayam mengandung sejumlah Vitamin C yang sesuai untuk menunjang kebutuhan ini dan juga untuk melindungi sang ibu dan janin dari infeksi karena bakteri atau virus.

Menyeimbangkan Tekanan Darah

Kehamilan kerap disertai tekanan darah tinggi atau hipertensi. Apabila Anda juga sedang menghadapi masalah ini, khasiat sayur bayam bisa membantu Anda. Bayam mengandung asam nitrat yang dipercaya dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan melancarkan saluran darah.

Baca Juga:  5 Penyebab Tensi Tinggi Saat Hamil yang Perlu Diketahui

Menjaga Suasana Hati

Manfaat sayur bayam bagi kesehatan mental dan menjaga mood dihasilkan oleh kandungan Vitamin B. Tentunya ini sangat baik untuk para ibu yang sering merasakan kemurungan dan kesedihan di masa kehamilan (morning dan afternoon blues). Bayam juga bisa mengurangi risiko depresi dan rasa cemas.

Mengandung Asam Folat Tinggi

Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan konsumsi asam folat atau Vitamin B9 sebanyak 600 mcg di masa kehamilan. Asam folat berfungsi untuk membantu perkembangan janin serta mencegah risiko keguguran. Anda bisa memenuhi kebutuhan dan mendapat berbagai manfaat tersebut melalui sayur bayam.

Itulah tadi 5 manfaat sayur bayam bagi kesehatan dan kebugaran ibu hamil. Meskipun bayam sudah jelas sangat bermanfaat, jangan lupakan kebersihan sayur dan metode memasaknya, ya. Risiko kesehatan bisa menyerang Anda dan janin kapan saja, terlebih jika makanan dan lingkungan tidak bersih.

Bila perlu, Anda juga bisa membeli produk Asuransi Kesehatan komprehensif yang mampu melindungi Anda dan janin, bahkan hingga dia sudah besar nanti. Melalui PRUmy Child, Prudential Indonesia hadir dan membantu Anda melindungi si Kecil selagi dia tumbuh menjadi kebanggaan keluarga yang sehat dan berprestasi.

Baca Juga: Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Back to Top