5 Tanda Awal Serangan Jantung yang Sering Disepelekan | Prudential Indonesia

5 Tanda Awal Serangan Jantung yang Sering Disepelekan

Myocardial infarction atau serangan jantung merupakan salah satu kondisi yang paling ditakuti, terutama karena kondisinya yang cenderung terjadi secara mendadak dan tidak diduga oleh para penderitanya. Padahal, penanganan lebih cepat dapat memperbesar kemungkinan para penderita pulih dari kondisi ini.

Namun, jangan khawatir! Dengan mengetahui gejala awalnya, Anda pun pastinya akan bisa menangani kondisi ini dengan baik. Lalu, apa saja tanda-tanda dini serangan jantung? Yuk, simak ulasannya!

Bagian Tubuh Kiri yang Sakit

Jantung berada di bagian kiri tubuh. Apabila seseorang akan terkena serangan jantung, biasanya mereka merasakan rasa sakit pada dada bagian kiri dan kemudian menjalar hingga ke lengan di bagian yang sama. Tetapi, ini tidak menutup kemungkinan rasa sakit muncul pada lengan terlebih dahulu.

Kaki dan Tangan yang Bengkak

Sirkulasi darah yang tidak lancar bisa mengakibatkan bengkak di area kaki dan tangan. Kondisi ini terjadi karena cairan yang dipompa melalui pembuluh darah bocor dan memasuki jaringan yang ada di sekitarnya. Kaki dan lengan kemudian menyimpan cairan tersebut dan membuatnya terlihat bengkak.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Kesehatan Jantung Anda yang Sebaiknya Dikonsumsi

Kelelahan yang Tidak Wajar

Anda bisa saja kelelahan karena terlalu banyak beraktivitas. Namun, jika rasa lelah tidak jelas pemicunya, Anda perlu berhati-hati karena ini bisa jadi merupakan gejala serangan jantung. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi lebih umum dirasakan oleh para perempuan. Menurut laporan dari Harvard membenarkan bahwa rata-rata serangan jantung pertama untuk seorang wanita pada usia 72, sedangkan pria di usia 65.

Sesak Nafas

Jantung berfungsi untuk memompa darah hingga mencapai berbagai jaringan tubuh yang berbeda. Lalu, pada saat yang bersamaan, jantung akan memperoleh oksigen dari paru-paru. Apabila jantung kesulitan memompa darah (seperti pada kasus serangan jantung), Anda mungkin akan merasa sesak.

Keringat Berlebih

Pada kasus serangan jantung, umumnya penderita akan mengeluarkan keringat berlebih. Penyebabnya adalah karena pembuluh darah terhambat oleh lemak, dan tubuh akan mengeluarkan energi dan keringat yang lebih banyak.

Nah, itulah tadi gejala awal serangan jantung yang sering dilewatkan oleh kebanyakan orang. Setelah mengetahui kelimanya, Anda kini dapat lebih mengantisipasi serangan jantung serta mengambil langkah yang tepat ketika menghadapinya.

Jika Anda merasa memiliki risiko-risikonya, jangan ragu untuk berbicara kepada para ahli untuk menerima pemeriksaan lebih lanjut. Bila perlu, tingkatkan perlindungan Anda dengan berbagai produk Asuransi Kesehatan dari Prudential Indonesia.

Melalui berbagai manfaat dan kemudahan, Prudential Indonesia senantiasa memberikan perlindungan berkualitas dan komprehensif yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat memilih Asuransi Tambahan PRUTotal Critical Protection yang melindungi Anda dari berbagai risiko penyakit baru yang dapat muncul di kemudian hari.

Baca Juga: Sering Disepelekan! Ini 5 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Back to Top