5 Tips Menjaga Kesehatan Lambung Jelang Musim Hujan Tiba

Sebentar lagi Indonesia akan memasuki musim hujan. Biasanya musim hujan datang di akhir tahun hingga awal tahun. Perpindahan antara musim kemarau dan musim penghujan ini biasanya akan membuat tubuh lebih rentan terkena berbagai macam gangguan kesehatan. Perlu diketahui, bahwa tubuh Anda baru saja beradaptasi dengan suhu dan juga kelembapan udara yang berbeda. Tentu saja musim hujan perlu Anda waspadai karena akan disertai dengan berbagai macam penyakit seperti influenza, diare, DBD, tipes, hingga terkena penyakit maag.

Agar beberapa gejala yang sudah disebutkan tadi tidak menyerang Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu 5 tips menjaga kesehatan lambung jelas musim hujan yang perlu diwaspadai. Apa saja? Mari, simak ulasan berikut ini!

Jaga Asupan Makanan Anda

Sistem imun Anda cenderung rentan akibat musim hujan yang membawa udara dingin dan beberapa penyakit. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan lambung yang harus Anda lakukan adalah dengan cara menjaga asupan makanan Anda. Ada baiknya Anda menghindari makanan yang terlalu asam, pedas, dan memiliki kandungan lemak berlebihan.

Lebih lanjut, Anda juga harus memenuhi kebutuhan asupan serat yang cukup dalam makanan Anda. Serat dapat membantu kesehatan lambung dan sistem pencernaan Anda, lho.

Jangan Menunda Waktu Makan Anda

Selain menjaga asupan makanan Anda, cara menjaga kesehatan lambung yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara makan tepat waktu. Pastikan Anda tidak menunda waktu makan Anda karena akan mempengaruhi kesehatan lambung Anda. Pastikan Anda memiliki yang konsisten untuk waktu sarapan, makan siang, jam ngemil, dan makan malam. Lebih lanjut, sebaiknya hindari makan terlalu malam karena akan mengganggu kesehatan lambung Anda.

Kunyah Makanan Secara Benar

Cara menjaga kesehatan lambung berikutnya adalah dengan cara mengunyah makanan sampai halus. Hal ini menjadi penting karena jika Anda makan tanpa mengunyah makanan Anda, lambung akan kerja lebih keras untuk menghancurkan makanan. Hasilnya, lambung akan mengeluarkan asam lambung lebih banyak.

Tahukah Anda proses mengunyah makanan juga dapat membantu meningkatkan enzim yang bekerja pada sistem pencernaan? Agar proses mengunyah bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya Anda makan dengan perlahan dan tidak melakukan kegiatan lain seperti sambal nonton atau sambil bermain handphone.

Manajemen Stres

Selain karena gaya hidup yang tidak sehat, penyakit maag bisa juga terjadi karena Anda sedang mengalami stres. Oleh karena itu, menanggulangi stres juga penting dilakukan agar sistem pencernaan Anda dapat bekerja dengan baik.

Perlu diketahui, gangguan sistem pencernaan dan gejala penyakit lambung bisa terjadi karena Anda mengalami stres. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu belajar mengatasi stres agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik. Anda juga harus mengetahui kegiatan apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi stres.

Tentu saja, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan, seperti istirahat yang cukup, liburan dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat, menonton film, mendengarkan lagu, dan hal positif lainnya.

Mengonsumsi Probiotik

Selain 4 cara di atas, cara menjaga kesehatan lambung terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan cara mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan probiotik. Probiotik memiliki kandungan bakteri baik yang berfungsi untuk memperlancar serta menjaga sistem pencernaan Anda agar dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang datang pada musim hujan. Anda bisa menemukan probiotik di yogurt, tempe, tahu serta kefir.

Itulah 5 cara menjaga kesehatan lambung yang bisa Anda coba. Sebagai perlindungan, Anda bisa membeli produk asuransi agar kesehatan Anda dapat dilindungi dengan baik. Salah satu produk Asuransi Kesehatan yang baik adalah PRUPrime Healthcare Plus

Produk Asuransi Kesehatan ini merupakan produk Asuransi Tambahan (Riders) yang memberikan solusi lengkap untuk perlindungan kesehatan dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit untuk sebagian besar manfaat pada Tabel Manfaat  PRUPrime Healthcare Plus. Produk ini dirancang khusus untuk memberikan jangkauan perlindungan hingga ke seluruh dunia serta menawarkan fleksibilitas pada pilihan perlindungan kesehatan Anda.

Back to Top