6 Persiapan Musim Hujan di Indonesia Agar Tetap Fit | Prudential Indonesia

6 Persiapan yang Perlu Dilakukan Agar Tubuh Tetap Fit Selama Musim Hujan di Indonesia

Oktober hingga Maret menjadi waktu bagi musim hujan di Indonesia. Sebagian besar kota akan mengalami musim hujan. Musim ini sendiri identiknya oleh udara yang menjadi lebih dingin, lembap, dan kemungkinan seseorang mengalami gangguan kesehatan.

Maka dari itu, berbagai persiapan harus dilakukan untuk menghindari ancaman penyakit di musim hujan seperti cacar air, flu, diare, penyakit kulit, hingga tuberculosis. Agar tubuh tetap fit, berikut persiapan musim hujan di Indonesia yang perlu Anda lakukan.

Memelihara Kebersihan Lingkungan

Apabila hujan deras terjadi, maka kondisi ini bisa menyebabkan sampah dari berbagai tempat bermunculan dan mengendap di halaman rumah. Kondisi ini berisiko membawa penyakit. Setelah hujan reda, ada baiknya jika Anda segera membersihkan rumah dan lingkungan sekitar demi menghindari gangguan kesehatan.

Membersihkan Tangan Sebelum Memegang Makanan, Mata, Hidung, dan Mulut

Berbagai benda yang dipegang memiliki potensi untuk menyebar penyakit. Jadi, setelah melakukan kegiatan baik di dalam atau di luar rumah dan setelah memegang sesuatu sebaiknya segera cuci tangan sebelum memegang makanan, memegang mata, mulut, dan hidung. Bakteri dan virus mudah masuk ke dalam tubuh dari tiga bagian di wajah ini.

Memilih Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Sehari-hari

Makanan yang dijajakan di pinggir jalan memang cukup menggugah selera. Namun, makanan-makanan tersebut sering kali tidak higienis karena dijual di ruangan terbuka sehingga berisiko terkena bakteri dan virus dari terpaan air dan angin. Sebagai gantinya, perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran serta cukupi nutrisi lain, seperti protein dan karbohidrat pada menu harian Anda.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Lambung Jelang Musim Hujan Tiba

Selalu Sediakan Obat-Obatan

Selalu sediakan obat-obatan untuk pertolongan pertama bila sewaktu-waktu Anda atau anggota keluarga mengalami sakit. Beberapa jenis obat yang biasanya diperlukan saat musim hujan, yakni obat untuk alergi, batuk, demam, diare, flu, dan penghilang nyeri.

Mandi Sebanyak Dua Kali Sehari

Meski musim hujan membuat udara terasa dingin, jangan sampai membuat Anda jadi malas mandi. Demi menyiapkan tubuh tetap sehat saat musim hujan di Indonesia Anda tetap perlu mandi sebanyak dua kali sehari. Dengan begitu, Anda bisa lebih terlindungi dari infeksi dan tubuh jadi lebih bersih dari kotoran atau keringat.

Lakukan Olahraga dan Aktif Bergerak

Persiapan musim hujan terakhir tidak lengkap rasanya bila tidak melakukan olahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan, joging, bersepeda atau lainnya. Agar kegiatan olahraga bisa lebih seru, Anda bisa bergabung dengan kelas atau komunitas olahraga.

Selain melakukan persiapan musim hujan di atas, perlu juga memproteksi diri dengan Asuransi Kesehatan seperti PRUMed Cover. Asuransi Kesehatan ini mampu memberikan manfaat tambahan seperti tunjangan harian rawat inap, pembedahan dan ICU kepada Tertanggung Utama bila diharuskan melakukan rawat inap di rumah sakit.

Manfaat harian maksimum yang bisa dirasakan sesuai dengan jumlah satuan manfaat yang digunakan. PRUMed Cover mampu melindungi hingga Tertanggung berumur 55 tahun atau 65 tahun (ulang tahun sebenarnya). Menarik bukan?

Baca juga: 5 Faktor yang Memengaruhi Kesehatan Pribadi

Back to Top