7 Cara Menurunkan Berat Badan di Rumah yang Bisa Dilakukan Sehari-hari | Prudential Indonesia

7 Cara Menurunkan Berat Badan di Rumah yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Mendapatkan berat badan yang ideal bukan hanya bisa menunjang penampilan saja tapi juga baik untuk menjaga kesehatan. Ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa dipilih, baik secara alami yang dilakukan sehari-hari maupun menggunakan obat penurun berat badan.

Untuk meminimalisir risiko, tentu cara alami lebih direkomendasikan. Berikut cara menurunkan berat badan di rumah dan dilakukan sehari-hari.

Hindari Melewati Sarapan

Cara menurunkan berat badan di rumah yang pertama, jangan lupakan sarapan. Dengan sarapan membantu menghindari makan berlebihan saat siang hari. Pastikan dalam sarapan ada kandungan protein dan serat seperti kacang, telur, yoghurt, sayuran, buah, atau gandum.

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Terlewatkan

Minum Air Mineral dan Air Lemon

Mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang mudah. Air mineral sendiri bisa membantu memperlancar pencernaan. Selain itu, jangan sampai lupa untuk penuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak air, misalnya anggur, jeruk, melon, nanas, dan semangka.

Dalam keseharian selingi juga dengan mengonsumsi air lemon untuk menambah rasa. Air lemon termasuk minuman rendah kalori yang membuat metabolisme meningkat dan memberi efek kenyang lebih lama.

Jauhi Makanan Tertentu

Hindari mengonsumsi karbohidrat olahan misalnya kue kering, pasta putih, roti putih, atau kentang. Hindari makanan dan minuman tinggi gula, alkohol, susu, soda, dan jus.

Olahraga

Jangan lupa untuk aktif bergerak ya baik dengan olahraga maupun memperbanyak gerak dalam menjalankan aktivitas harian. Tidak perlu membayangkan olahraga yang berat, berjalan kaki bisa jadi pilihan olahraga ringan namun efektif bila dilakukan setiap hari. Bisa juga lakukan olahraga minimal 30 menit sehari seperti kardio dan pembentukan otot sebanyak lima kali dalam seminggu.

Tidur Cukup

Bila setiap harinya waktu tidur kurang, justru bisa memicu kenaikan berat badan, karena berakibat tingkat hormon pengatur rasa lapar menurun dan menambah hormon glerin yang bisa menambah nafsu makan. Baiknya jangan tidur terlalu larut dan tidur selama kurang lebih 7 jam.

Perbanyak Makan Sayuran dan Masaklah dengan Cara Dikukus atau Direbus

Selain menyehatkan mengonsumsi banyak sayuran setiap hari bagus untuk menurunkan berat badan karena sayuran mengandung banyak serat dan sedikit kalori.

Cara memasak makanan ternyata juga berpengaruh terhadap cara menurunkan berat badan lho. Merebus dan mengukus cenderung lebih baik jika ingin mengurangi berat badan daripada makanan yang dimasak dengan cara dibakar, digoreng, atau ditumis.

Menjaga Porsi Makan

Makanlah secukupnya. Batasi makanan ringan yang banyak mengandung garam. Untuk membuat rasa kenyang lebih lama, konsumsilah lemak sehat, protein nabati, dan karbohidrat kompleks setiap makan. Alpukat dan kacang yang mengandung lemak sehat bisa membuat kenyang lebih lama. Protein nabati bisa diperoleh dari tahu, tempe, dan karbohidrat kompleks dari ubi.

Jangan sampai lupa untuk terus memerhatikan perkembangan berat badan ya dengan menimbang berat badan, mengambil foto diri setiap bulan, dan perhatikan apakah ada keluhan selama menurunkan berat badan.

Selain menerapkan cara menurunkan berat badan di atas, Anda juga perlu memiliki Asuransi Kesehatan sebagai perlindungan terhadap diri Anda dan keluarga.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli Asuransi Kesehatan yang tepat seperti Prudential Indonesia. Dengan memiliki Asuransi Kesehatan, Anda pun bisa beraktivitas tanpa gangguan kesehatan yang bisa saja muncul secara mendadak.

Baca juga: Tak Hanya Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Jeruk Lainnya untuk Kesehatan

Back to Top