7 Makanan untuk Kesehatan Jantung Anda yang Sebaiknya Dikonsumsi

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting. Walaupun memiliki peranan yang penting, namun jantung memiliki risiko cukup tinggi mengalami gangguan, seperti penyakit jantung koroner.

Apa itu penyakit jantung koroner? Secara singkat, penyakit ini terjadi saat area pembuluh darah arteri tertutup oleh timbunan lemak. Hal ini menyebabkan darah yang membawa oksigen tidak dapat disebarkan ke seluruh tubuh. 

Lalu, makanan apa saja yang baik dan perlu dikonsumsi? Di bawah ini ada 7 jenis makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Apa saja?

Mengonsumsi Bumbu Dapur dengan Khasiat Ajaibnya

Bawang putih merupakan salah satu makanan untuk kesehatan jantung yang mudah Anda jumpai di dapur. Bumbu dapur yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai pengganti garam untuk menambah rasa gurih pada makanan.

Mengonsumsi bawang putih akan membantu Anda mengurangi konsumsi garam dan menekan risiko terjadinya tekanan darah tinggi. Pasalnya, penyakit ini juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Memakan Buah Anggur

Makanan untuk kesehatan jantung lainnya yang bisa Anda konsumsi yaitu buah anggur. Buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan zat flavonoid yang dapat mencegah kerusakan pada jantung. Dengan begini, buah anggur baik dikonsumsi setiap hari.

Memilih Sayur-sayuran Berwarna Hijau

Mengonsumsi sayur-sayuran berwarna hijau bisa menjadi solusi untuk beragam gangguan kesehatan, termasuk jantung. Hidup tanpa ancaman dari penyakit jantung tentu menjadi keinginan banyak orang.  Maka dari itu, mulailah memilih sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung, dan sayuran hijau lainnya karena terdapat banyak kandungan vitamin K di dalamnya. Khasiatnya pun tidak hanya melindungi pembuluh arteri, tapi juga mencegah pembekuan darah.

Mengonsumsi Ikan yang Memiliki Kadar Lemak Tinggi

Beberapa jenis ikan memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi seperti ikan salmon, sarden, tuna, dan makarel. Makanan untuk kesehatan jantung ini diperkaya oleh asam lemak Omega-3 yang mampu menjaga dan melindungi kesehatan organ jantung.

Minum Teh Hijau Secara Rutin

Salah satu kebiasaan dari orang Jepang ini memang baik untuk ditiru. Anda bisa meminum kurang lebih 5 gelas per harinya. Namun, pastikan juga diimbangi dengan berolahraga agar tidak terjadi pengendapan dari teh hijau pada ginjal.

Sarapan dengan Buah Apel

Bingung mau makan apa saat sarapan? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengonsumsi apel di pagi hari. Buah ini tidak hanya membuat kenyang lebih lama, namun efektif dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, mulai sekarang pilihlah apel sebagai menu sarapan.

Mengganti Camilan dengan Buah Berry

Camilan menjadi suatu kegiatan yang sulit dihindari. Jika mengonsumsi camilan yang tidak sehat, maka makanan ini justru bisa berdampak buruk pada tubuh. Solusinya, Anda bisa mengonsumsi buah-buah berry seperti blueberry, strawberry, dan raspberry. Keluarga berry ini dilengkapi oleh antioksidan yang dapat melindungi kesehatan jantung Anda.

Demikian tadi daftar 7 makanan untuk kesehatan jantung Anda yang sebaiknya dikonsumsi. Sebagai organ tubuh dengan tingkat risiko paling tinggi, Anda pun memerlukan perlindungan yang dapat menjamin pengobatan untuk jantung. Salah satunya dengan menggunakan PruHospital&Surgical Plus dari Prudential.

PRUHospital&Surgical Plus sendiri akan memberikan  biaya penggantian untuk rawat inap, perawatan di ICU, hingga beberapa tindakan penting sesuai rekomendasi dokter. Produk ini bisa melindungi para nasabah hingga tertanggung berusia 55 tahun, 65 tahun, atau 75 tahun.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk investasi lainnya, tips perencanaan keuangan, cara untuk sukses di usia muda hingga asuransi yang Anda butuhkan dengan mengunjungi website resmi Prudential.

Back to Top