Bukan Cuma Sebagai Bahan Skincare, Ketahui 5 Manfaat Lidah Buaya Ini! | Prudential Indonesia

Bukan Cuma Sebagai Bahan Skincare, Ketahui 5 Manfaat Lidah Buaya Ini!

Lidah buaya (Aloe vera) merupakan tanaman yang tumbuh di kawasan Mediterania. Namun saat ini, lidah buaya sudah banyak ditemukan di Amerika Selatan, Asia, dan Eropa. Di dalamnya ada berbagai kandungan yang terkenal untuk rambut dan kulit, misalnya antioksidan, asam amino esensial, folat, glukosa, kalsium, magnesium, natrium, vitamin A, B, C, dan E.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tumbuhan ini sering kali dimasukkan dalam produk kecantikan mulai dari krim wajah, salep, losion, sabun, hingga sampo.  Ada dua bagian dari lidah buaya yang biasanya memiliki banyak manfaat, yakni lateks dan gelnya.

Lateks merupakan sel-sel yang posisinya di bawah bagian terluar lapisan kulit lidah buaya yang berwarna kuning dan lengket dan gel berasal dari sel-sel yang ada di bagian tengah kulit lidah buaya. Faktanya, masih banyak loh manfaat lidah buaya yang bisa Anda rasakan. Apa saja? Berikut informasinya!

Kekebalan Tubuh Jadi Bertambah

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan biasanya membantu mineral esensial dan vitamin terserap dengan baik, sehingga daya tahan tubuh meningkat dan mampu melawan berbagai bakteri dan virus. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya ini Anda bisa mengonsumsi suplemen maupun jus.

Mencegah Peradangan dan Dehidrasi

Menghindari peradangan yang terjadi pada tubuh juga menjadi salah satu manfaat lidah buaya.  Alasannya lidah buaya mengandung sifat antiinflamasi yang akan menghalangi dan mengurangi reaksi peradangan pada tubuh.

Tanaman satu ini juga bisa mencegah dehidrasi karena adanya kandungan air yang banyak dan zat antioksidan di dalamnya, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghindari dan  mengatasi masalah dehidrasi.

Baca juga: 5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Cepat yang Bisa Ditiru

Melancarkan Sistem Pencernaan

Di dalam lidah buaya terdapat enzim yang membantu lemak dan gula terpecah, sehingga membantu proses pencernaan berjalan baik. Manfaat lidah buaya juga bisa diandalkan untuk menurunkan iritasi yang terjadi di usus dan lambung. Di dalam lateks lidah buaya juga efektif untuk dijadikan obat pencahar berkat kandungan barbaloin atau aloin yang ada di dalamnya.

Membuat Kesehatan Mulut dan Gigi Lebih Terjaga

Ada lagi manfaat lidah buaya untuk kesehatan khususnya mulut dan gigi. Ini berkat sifat anti bakteri yang ada di dalamnya. Jus dari lidah buaya murni yang dijadikan bahan obat kumur generik juga berkhasiat mengurangi plak. Jus ini memiliki khasiat sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik untuk menghilangkan bakteri dan plak gigi.

Kadar Gula Darah Berkurang

Terakhir, manfaat lidah buaya bisa mengurangi kadar gula darah. Jika mengonsumsi 2 sendok makan gel lidah buaya setiap hari, maka akan mengurangi kadar gula darah penderita diabetes tipe 2. Namun bagi pengidap diabetes yang secara rutin mengonsumsi obat dan ingin mengonsumsi lidah buaya sebagai obat untuk turunkan gula darah, baiknya  konsultasikan dulu pada dokter.

Ternyata tanaman yang mudah ditemui ini memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan ya. Tak ada salahnya memanfaatkan lidah buaya sebagai obat alami.

Namun, jika belum ada tanda-tanda membaik jangan sampai Anda menunda untuk berkonsultasi dengan dokter. Dalam menjaga kesehatan perlu juga menggunakan Asuransi Kesehatan untuk bantu meringankan biaya finansial yang ada.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memilih PRUPrime Healthcare dari Prudential Indonesia. Produk ini merupakan perlindungan kesehatan premium yang komprehensif dengan pembayaran manfaat untuk biaya rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, dan manfaat lainnya.

Menariknya PRUPrime Healthcare memberikan perlindungan tidak hanya di Indonesia, tapi juga dengan jangkauan internasional.

Baca juga: Tak Hanya Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Jeruk Lainnya untuk Kesehatan

Back to Top