Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Hindari Virus dan Bakteri | Prudential Indonesia

Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Hindari Virus dan Bakteri

Cara cuci tangan yang benar perlu dilakukan oleh setiap orang. Selain karena tangan digunakan dalam berbagai kegiatan, ternyata tangan yang kotor dapat mengakibatkan penularan penyakit seperti flu dan juga demam. Hal ini karena virus dan bakteri dapat masuk ke tubuh ketika Anda menyentuh mulut, hidung, dan juga tangan.

Maka dari itu, untuk meminimalisir risiko kesehatan karena virus dan bakteri, sebaiknya Anda mengetahui cara cuci tangan yang benar, seperti penjelasan berikut ini!

Melakukan Cara Cuci Tangan yang Benar dan Tepat

Mencuci tangan adalah salah satu cara efektif untuk menghentikan penyebaran virus dan Anda direkomendasikan untuk melakukannya dengan benar serta dalam durasi yang cukup. US Department of Health & Human Services merekomendasikan Anda mencuci tangan sekitar 20 detik.

Sedangkan untuk melakukannya dengan benar, World Health Organization (WHO) merekomendasikan Anda membasahi tangan terlebih dahulu, lalu menuangkan sabun ke permukaan tangan. Kemudian, usapkan ke sela-sela di antara kedua jari, jempol, dan juga kuku Anda. Setelah selesai, Anda dapat membilas tangan dan mengeringkan tangan menggunakan tisu atau bisa juga dianginkan hingga kering.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Corona

Mengetahui Kapan Saja Harus Cuci Tangan

Setelah mengetahui cara mencuci tangan yang benar, pastikan Anda juga tahu kapan cuci tangan harus dilakukan. Jangan sampai ketika Anda lengah dan tidak cuci tangan, saat itu pula virus dan bakteri menyerang sistem tubuh.

Adapun waktu yang tepat adalah sebelum dan sesudah masak dan makan, setelah keluar dari toilet, serta setelah menyentuh tempat sampah, setelah terpapar pada orang sakit, setelah menyentuh hewan, dan juga setelah menggunakan fasilitas umum.

Menghimbau Orang Lain untuk Melakukan Hal yang Sama

Segala cara cuci tangan yang benar tidak akan bermanfaat jika tidak semua orang mengikutinya. Seluruh anggota masyarakat berperan untuk menghentikan penularan penyakit, bahkan ketika sedang dalam keadaan sehat. Maka dari itu, ajaklah orang-orang di sekitar untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan kuku.

Nah, itulah informasi penting seputar cara cuci tangan yang benar dan tepat. Kesimpulannya, Anda perlu mencuci tangan dengan benar dan di saat yang tepat, serta menghimbau orang lain melakukannya demi menjaga lingkungan dari wabah penyakit karena virus dan bakteri.

Namun, agar Anda dapat lebih terlindung dari berbagai risiko tersebut, dapatkan perlindungan kesehatan komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti yang disediakan Prudential Indonesia. Hal ini agar Anda sekeluarga dapat selalu tenang dan terhindar dari risiko-risiko kesehatan di kemudian hari yang mengancam.

Baca Juga: Tips dan Trik Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia yang Perlu Anda Perhatikan

Back to Top