Cara Membuat Disinfektan di Rumah untuk Membasmi Virus dan Kuman pada Permukaan | Prudential Indonesia

Cara Membuat Disinfektan di Rumah untuk Membasmi Virus dan Kuman pada Permukaan

Infeksi merupakan suatu kondisi di mana virus dan kuman menyerang jaringan tubuh yang mengakibatkan peradangan. Gejala-gejala yang Anda alami mungkin akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti masa inkubasi, lokasi infeksi, jenis-jenis virus dan kuman, serta seberapa kuat antibodi tubuh Anda melawannya.

Apabila sudah terinfeksi, sebaiknya Anda langsung mencari bantuan medis. Namun, alangkah baiknya Anda menghindari transmisi virus dan bakteri dengan menjaga kebersihan tubuh, makanan, serta tempat Anda tinggal. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara membuat disinfektan di rumah dan membasmi virus dan kuman pada permukaan.

Ingin tahu langkah-langkahnya? Simak cara membuat disinfektan di rumah berikut ini!

Persiapkan Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, persiapkan gelas pengukur cairan, air, cairan pemutih pakaian (bleach), serta botol semprot untuk diisi cairan disinfektan. Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan karet selama proses pembuatan dan juga siapkan serbet jika cairan pemutih tumpah saat proses pembuatan.

Tentukan Takaran Disinfektan

Secara umum, takaran disinfektan adalah 1:9 atau 1:10 antara cairan pemutih pakaian dan juga air. Hal ini berarti Anda harus menghitung takarannya secara tepat sesuai dengan hasil akhir. Lebih banyak cairan disinfektan juga akan membutuhkan lebih banyak air serta cairan pemutih pakaian.

Campurkan Keduanya Secara Benar

Anda sudah siap mempraktikkan cara membuat disinfektan di rumah? Pastikan sarung tangan sudah terpakai. Kemudian, tuangkan cairan pemutih pakaian ke dalam botol semprot, kemudian tambahkan air. Dengan begitu, cairan pemutih tidak akan terciprat ke kulit Anda. Namun, jika hal ini terjadi, segera cuci tangan Anda dengan sabun dan bilas dengan air.

Kocok dan Mulai Membersihkan Permukaan

Cara terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan menutup botol semprot dan mengocoknya hingga benar-benar tercampur. Setelah itu, Anda dapat membersihkan permukaan yang kemungkinan terkontaminasi kuman dan virus.

Perlu diingat, cairan disinfektan yang sudah Anda buat hanya untuk permukaan benda. Penggunaan pada permukaan kulit atau bagian tubuh lainnya tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan iritasi. Selanjutnya, hindari penyemprotan pada pakaian agar tidak luntur karena cairan pemutih pada disinfektan.

Baca Juga: Pahami Gejala Corona yang Terjadi dari Hari ke Hari pada Tubuh

Nah, itulah tadi cara membuat disinfektan di rumah yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu, Anda akan dapat terus memastikan lingkungan serta tempat tinggal selalu bersih. Kebersihan merupakan salah satu faktor terpenting demi menjaga kesehatan.

Selanjutnya, tingkatkan diri Anda dari risiko kesehatan dengan produk Asuransi Kesehatan yang komprehensif, seperti PRUPrime Healthcare Plus dari Prudential Indonesia. Selain memberikan jangkauan proteksi hingga ke seluruh dunia, produk ini menawarkan berbagai cakupan perlindungan yang dapat dipilih secara fleksibel.

Baca Juga: Apa Itu Sebenarnya Pandemi COVID-19? Ketahui Juga Dampaknya di Indonesia

Back to Top