Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Karyawan

Meningkatnya biaya pengobatan setiap waktu membuat semua orang perlu menyiapkan dirinya dengan Asuransi Kesehatan, termasuk karyawan. Belum lagi, gangguan kesehatan yang bisa muncul kapan saja.

Dengan adanya Asuransi Kesehatan, setiap orang pun bisa mendapatkan jaminan finansial saat sakit atau mengalami kecelakaan karena biaya pengobatannya ditanggung oleh perusahaan asuransi. Lantas, bagaimana cara memilih Asuransi Kesehatan terbaik untuk para karyawan? Simak ulasannya di bawah ini!

Memahami Jenis Produk Asuransi Kesehatan

Hal pertama yang wajib dilakukan saat memilih Asuransi Kesehatan adalah memahami jenis-jenis produk asuransi yang ditawarkan. Secara umum, produk Asuransi Kesehatan untuk karyawan terbagi ke dalam dua jenis yakni Hospital Benefit dan Hospital Cash Plan.

Hospital Benefit adalah produk yang mengganti biaya pengobatan secara keseluruhan di rumah sakit dengan cara cashless menggunakan kartu asuransi yang dimiliki. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai.

Sementara Hospital Cash Plan yang memberikan pergantian pada jumlah atau nominal tertentu berdasarkan pada kontrak yang telah disepakati sebelumnya. Jadi, pembayarannya akan bersifat reimbursement di mana Nasabah membayar dulu dan akan digantikan oleh perusahaan setelah mengisi formulir reimbursement.

Mengetahui Manfaat yang Diperoleh

Dalam proses pemilihan produk asuransi, setiap karyawan juga perlu mengetahui manfaat yang diperoleh. Sebagai contoh, perusahaan asuransi menjamin keperluan kesehatan Anda dan keluarga sebagai Nasabah sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir memikirkan biaya kesehatan.

Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Adanya beragam produk Asuransi Kesehatan tidak jarang membuat seseorang bingung dalam memilih asuransi yang tepat. Hasilnya, seseorang pun kerap kali salah dan tidak sesuai dengan keperluan yang ada. Untuk menghindari kejadian ini, setiap orang perlu memahami kebutuhan dan riwayat kesehatannya terlebih dahulu. Dengan demikian, Asuransi Kesehatan yang dipilih pun bisa lebih efektif.

Membuat Anggaran Khusus untuk Asuransi

Meskipun Asuransi Kesehatan patut dimiliki oleh setiap karyawan, Anda pun perlu membuat anggaran khusus. Hal ini disebabkan oleh proses pembayaran yang harus dilakukan setiap waktunya dan akan memotong sebagian kas keuangan yang ada.

Maka dari itu, sebelum memilih produk yang cocok, pastikan Anda telah menganggarkan pembayaran asuransi ini, apalagi bagi mereka yang telah berkeluarga. Jumlah pembayarannya sendiri dapat disesuaikan dengan keadaan finansial sehingga tidak mengganggu cash flow yang ada.

Memahami Produk Asuransi yang Ditawarkan

Cara lain yang penting diperhatikan dalam memilih Asuransi Kesehatan adalah dengan memahami produk yang ditawarkan. Ada beragam produk asuransi yang ditawarkan hari ini mulai dari Asuransi Kesehatan yang tradisional hingga Asuransi Unit Link.

Seluruh produk asuransi tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, pastikan Anda memahaminya terlebih dahulu sebelum benar-benar membeli dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Mengutamakan Manfaat yang Ada

Terakhir, hal terpenting yang harus diperhatikan saat memilih Asuransi Kesehatan yaitu mengutamakan manfaat Uang Pertanggungan yang ditawarkan. Pasalnya, jika terjadi sesuatu terhadap orang yang ditanggung, maka uang pertanggungan tersebut akan membantu individu dan keluarganya.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai pemilihan Asuransi Kesehatan yang sebaiknya Anda perhatikan. Di Indonesia, salah satu produk Asuransi Kesehatan terbaik untuk para karyawan yang dapat dipertimbangkan yaitu PRUCorporate Medical dari Prudential.

Produk Asuransi Kesehatan ini akan membantu untuk mewujudkan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan bagi karyawan dan keluarganya. PRUCorporate Medical sendiri merupakan perlindungan Asuransi Kesehatan yang memberikan penggantian biaya medis untuk rawat inap dengan beragam pilihan manfaat tambahan seperti persalinan, rawat jalan, perawatan gigi, dan pembelian kacamata.

Dengan adanya Asuransi Kesehatan yang dimiliki, setiap karyawan pun bisa bekerja dengan tenang tanpa khawatir lagi akan kondisi keuangannya saat tiba-tiba jatuh sakit.

Back to Top