Jangan Asal Pakai! Cara Menentukan Hand Sanitizer dan Penggunaannya yang Tepat demi Cegah Virus dan Bakteri | Prudential Indonesia

Jangan Asal Pakai! Cara Menentukan Hand Sanitizer dan Penggunaannya yang Tepat demi Cegah Virus dan Bakteri

Mencuci tangan dengan tepat bisa membersihkan bakteri dan virus yang terdapat pada permukaan tangan Anda. Namun, apa jadinya bila sewaktu-waktu air dan sabun sedang tidak tersedia, misalnya saat Anda sedang bepergian? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer di beberapa kesempatan tersebut.

Ingin tahu bagaimana cara menentukan hand sanitizer dan bagaimana menggunakannya secara benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Kriteria yang Harus Dimiliki Hand Sanitizer

World Health Organization (WHO) merekomendasikan kandungan alkohol (baik etanol dan juga isopropil) dalam hand sanitizer. Hal ini dikarenakan alkohol diketahui dapat membunuh berbagai macam mikroba jahat pada permukaan tangan.

Kemudian, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyatakan bahwa untuk melakukan hal tersebut, hand sanitizer harus memiliki sekitar 60%–95% kandungan alkohol. Kandungan tersebut untuk memastikan pembunuhan bakteri dapat berjalan dengan sempurna, bukan hanya menghentikan pertumbuhannya saja.

Apa Saja yang Bisa Dibasmi oleh Hand Sanitizer

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mencuci tangan haruslah menjadi cara utama Anda menjaga kebersihan tangan. Metode ini dapat membunuh hampir semua jenis virus dan bakteri yang ada di tangan, tidak seperti hand sanitizer yang tak bisa membunuh norovirus, cryptosporidium, dan clostridium difficile, penyebab-penyebab penyakit diare.

Akan tetapi, hand sanitizer untungnya bisa membunuh virus-virus seperti corona atau SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2). Jadi, Anda bisa turut menghentikan penyebaran penyakit COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) yang sedang menjadi pandemik di seluruh dunia saat ini.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Corona

Cara Menggunakan Hand Sanitizer dengan Tepat

Hand sanitizer adalah pilihan yang lebih mudah untuk membersihkan tangan. Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama hingga akhirnya mikroba terbasmi. Pertama, Anda perlu memastikan tangan tidak dalam keadaan berminyak, basah, atau terdapat kotoran. Kemudian, tuangkan hand sanitizer pada permukaan tangan Anda selama 30–60 detik hingga tangan kering.

Nah, itulah tadi beberapa informasi penting seputar hand sanitizer. Perlu diketahui, menggunakan hand sanitizer hanyalah bagian dari upaya menjaga diri dari infeksi bakteri dan virus. Agar lebih aman lagi, Anda dapat membeli produk Asuransi Kesehatan yang fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan menawarkan berbagai pilihan Asuransi Tambahan (Riders).

Apabila Anda mempercayakan perlindungan jiwa pada Prudential Indonesia, tambahkan PRUMed Cover ke dalam rangkaian upaya perlindungan Anda. PRUMed Cover memberikan jaminan tambahan untuk menunjang biaya harian rawat inap, ICU, bahkan hingga pembedahan, jika sewaktu-waktu Anda sakit dan harus melalui perawatan inap.

Baca Juga: Seberapa Penting Asuransi Rawat Inap di Rumah Sakit? Ketahui Juga Keuntungannya!

Back to Top