Jangan Salah! Berikut Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui | Prudential Indonesia

Jangan Salah! Berikut Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui

Penyakit yang satu ini meskipun terbilang tidak cukup serius, tapi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, proses mengonsumsi makanan maupun minuman akan sangat terganggu jika seseorang terserang radang tenggorokan.

Tak hanya merasakan nyeri saat menelan saja, gejala radang tenggorokan biasanya juga disertai dengan demam ringan yang dapat menghambat aktivitas. Ketahui cara mengobatinya dan beberapa penyebabnya berikut ini!

Penyebab Radang Tenggorokan

Sebelum mengetahui cara mengobatinya, sebaiknya Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja sebenarnya penyebab radang tenggorokan itu sendiri. Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Alergi musiman
  2. Iritan (bahan kimia)
  3. Terpapar asap rokok
  4. Infeksi saluran pernapasan
  5. Sistem imun lemah
  6. Penyakit asam lambung (GERD)
  7. Udara yang tidak bersih atau kering

Selain penyebab diatas, secara umum, penyebab radang tenggorokan disebabkan oleh adanya infeksi virus yang dapat  menyebabkan penderitanya menjadi pilek.

Baca Juga: Selain Menyehatkan, Ini Dia Manfaat Berjemur di Pagi Hari Lainnya Bagi Tubuh

Cara Mengobati Gejala Radang Tenggorokan

Biasanya, radang tenggorokan yang disebabkan oleh adanya infeksi dari kuman tertentu disertai dengan gejala batuk, flu, serta demam. Agar tidak semakin parah, sebaiknya Anda juga mengetahui cara mengobatinya berikut ini!

Banyak Minum Air Putih

Obat paling alami dalam menyembuhkan radang tenggorokan, yakni dengan perbanyak konsumsi air putih dan ditambah dengan istirahat yang cukup. Agar gejala radang tenggorokan lebih cepat hilang, Anda dapat mencampurkan sedikit tambahan perasan lemon ke dalam segelas air hangat.

Konsumsi Madu

Cara lainnya mengobati gejala radang tenggorokan, yaitu dengan mengonsumsi madu. Pasalnya, si manis yang satu ini memiliki efek antibakteri dan antivirus yang terbukti bisa menghambat replikasi virus influenza serta mempercepat penyembuhan karena infeksi flu.

Kumur dengan Air Garam

Tahukah Anda bahwa saat mengalami gejala radang tenggorokan air garam ternyata mampu meredakan nyeri dan rasa panas pada tenggorokan? Beberapa studi menemukan bahwa dengan berkumur air garam beberapa kali dalam sehari, mampu mengurangi bengkak di tenggorokan. Sebaiknya, gunakan air hangat untuk campuran garamnya.

Nah, itulah beberapa penyebab radang tenggorokan dan cara mengobatinya yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Tak hanya itu saja, agar terhindar dari berbagai macam penyakit lainnya yang tidak diinginkan, Anda pun harus melindungi diri dan keluarga dengan memilih Asuransi Kesehatan yang tepat.

Salah satu yang bisa Anda jadikan pilihan adalah PRUMed Cover yang dirancang khusus untuk melindungi Anda jika sakit sewaktu-waktu dan perlu perawatan inap. Produk ini menyediakan jaminan tambahan untuk membayar biaya harian rawat inap, ICU, dan juga biaya pembedahan.

Baca Juga: Pahami Gejala Corona yang Terjadi dari Hari ke Hari pada Tubuh

Back to Top