Jangan Takut! Inilah 7 Manfaat Donor Darah | Prudential Indonesia

Jangan Takut! Inilah 7 Manfaat Donor Darah

Untuk sebagian orang mendengar kata donor darah sering kali membuat takut. Padahal donor darah sendiri bukanlah hal yang mengerikan, justru baik untuk kesehatan.  Apa manfaat donor darah bagi kesehatan yang perlu diketahui? Berikut informasinya!

Memperlancar Sirkulasi Darah dan Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat donor darah sangat baik untuk membuat aliran darah lebih lancar dan menghindarkan Anda dari arteri yang tersumbat. Kegiatan ini juga mampu membantu mendorong produksi sel-sel darah segar. Bukan hanya itu, mendonorkan darah meminimalisir adanya penyakit seperti serangan jantung, kanker, dan strok.

Berat Badan Jadi Lebih Berkurang

Selain memerhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari dan melakukan olahraga secara rutin, mengurangi berat badan juga perlu dibarengi dengan mendonorkan darah. Alasannya setiap satu kantung darah mampu membakar sekitar 650 kalori.

Baik untuk Kesehatan Organ Hati

Donor darah secara rutin juga bisa membantu membuat organ hati lebih sehat. Alasannya, manfaat donor darah akan membuat kandungan zat besi dalam darah stabil sehingga bisa mengurangi risiko penyakit hati, misalnya Hepatitis C dan Hemokromatosis yang diakibatkan oleh kadar zat besi berlebih di dalam tubuh.

Kadar Kolesterol Jadi Lebih Berkurang

Siapa sangka bahwa kolesterol tinggi menyumbat peredaran darah? Bila seseorang donor darah secara teratur, maka hal ini bisa membuat kadar kolesterol khususnya trigliserida (lemak darah) dan kekentalan darah menurun sehingga kolesterol tidak lagi tinggi. Yang jelas, Anda harus tetap menjaga pola makan sebab salah satu penyebab kolesterol tinggi adalah konsumsi makanan berlemak.

Baca juga: 5 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Sebaiknya Dikonsumsi, Apa Saja?

Bisa Mengetahui Penyakit Serius Secara Dini

Sebelum mendonorkan darah, Anda perlu melakukan pengecekan tertentu untuk memastikan kondisi tubuh Anda memang layak melakukan donor darah. Pemeriksaan yang biasa dilakukan, yakni kadar hemoglobin, tekanan nadi, berat badan, tekanan darah, dan suhu tubuh.

Ketika seseorang telah mendonorkan darahnya, maka darah yang sudah terkumpul akan dikirim ke laboratorium untuk dicek. Bila ada masalah dalam darah, Anda akan segera diberitahu sehingga jika ada penyakit serius, bisa dideteksi sedini mungkin.

Membuat Luka Jadi Lebih Cepat Sembuh

Apabila donor darah sudah selesai dilakukan, tubuh mengalami penyesuaian sebab sel darah merah berkurang. Penyesuaian ini juga biasa terjadi saat tubuh mengalami luka sehingga membuat sel darah merah berkurang. Kondisi ini membuat luka jadi cepat sembuh.

Memunculkan Rasa Bahagia

Terakhir, manfaat donor darah yang jarang diketahui yakni adanya dampak positif terhadap psikologis seseorang. Dengan mendonorkan darah, Anda bisa menolong orang lain yang memerlukan asupan darah. Secara tidak langsung ada rasa bahagia karena tindakannya sangat berarti untuk kehidupan orang lain.

Nah, itu tadi apa saja manfaat donor darah yang sebaiknya diketahui. Dengan begini, Anda tidak perlu takut lagi dengan aktivitas baik ini. Untuk menjaga kesehatan, jangan sampai lupa untuk membeli Asuransi Kesehatan yang bisa ditemukan di Prudential Indonesia. Ada banyak Asuransi Kesehatan yang bisa dipilih baik untuk Anda maupun keluarga.

Baca juga: 3 Cara Mudah Melancarkan Peredaran Darah yang Bisa Anda Lakukan

Back to Top