Kandungan dan Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh | Prudential Indonesia

Kandungan dan Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe merah merupakan salah satu tanaman rempah yang paling sering dimanfaatkan, karena memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Pada wilayah Indonesia misalnya, manfaat jahe merah membuat orang tertarik untuk rutin mengonsumsinya, baik dikunyah secara langsung atau diminum sebagai jamu.

Apakah Anda penasaran dengan manfaat tersebut? Simak ulasan seputar manfaat jahe merah dan kandungannya demi kesehatan berikut ini!

Melawan Bakteri Jahat

Seperti spesies jahe pada umumnya, jahe merah juga dipercaya dapat melawan infeksi bakteri. Ekstrak jahe ternyata dapat menghambat pertumbuhan beberapa bakteri jahat seperti Staphylococcus aureus (penyebab gejala-gejala seperti infeksi tenggorokan dan keracunan makanan) serta Listeria monocytogenes (penyebab Listeriosis).

Meredakan Nyeri Otot

Jahe merah memiliki salah satu jenis senyawa anti-radang (anti-inflammatory properties) yaitu gingerol. Kandungan gingerol itu sendiri meski dalam kadar yang sedikit pun, tetap mampu meredakan nyeri pada otot karena pengaruh anti-radang yang dimilikinya.

Mengurangi Kadar Kolesterol pada Tubuh

Selain dapat meredakan nyeri otot, gingerol juga disinyalir mempunyai efek mengurangi kolesterol berlebih pada tubuh. Kolesterol merupakan salah satu penyebab penyakit jantung yang sering ditemui.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol dan Mencegahnya di Usia Muda

Menghangatkan Tubuh

Manfaat jahe merah selanjutnya berada pada kemampuannya untuk menghangatkan tubuh. Jadi, tidak heran jika jahe merah sering dihidangkan sebagai minuman jamu khususnya pada wilayah bersuhu rendah atau bercuaca dingin. Apabila Anda juga tertarik, Anda juga dapat meminumnya selagi hangat agar efek menghangatkannya menjadi lebih efektif.

Membantu Memperbaiki Nafsu Makan

Jahe merah memiliki kemampuan mengurangi rasa mual dan juga kembung, seperti yang sering dirasakan para perempuan yang sedang hamil. Apabila kedua gejala tersebut juga menyebabkan nafsu makan terganggu, tentunya jahe merah dapat bermanfaat meredakannya dan mengembalikan nafsu makan Anda.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh Anda. Konsumsilah jahe merah guna mendapatkan khasiat jangka pendek serta manfaat lainnya yang bisa dirasakan dalam jangka panjang. Namun, sebelum rutin mengonsumsinya, mintalah petunjuk dokter untuk memastikan apakah kandungan jahe merah sesuai untuk kondisi kesehatan Anda pribadi atau tidak.

Selanjutnya, apabila Anda ingin menghindari risiko kesehatan, Anda juga dapat membeli produk perlindungan kesehatan, seperti PRUPrime Healthcare dari Prudential Indonesia. Asuransi Kesehatan ini memiliki manfaat yang mencakup pembayaran rawat inap, rawat jalan, dan tindakan bedah yang seluruh besaran manfaatnya bisa disesuaikan secara fleksibel mengikuti kebutuhan Anda.

Baca Juga: 6 Persiapan yang Perlu Dilakukan Agar Tubuh Tetap Fit Selama Musim Hujan di Indonesia

Back to Top