Kenali Apa Itu Rapid Test Corona & Ketahui Juga Fungsinya | Prudential Indonesia

Kenali Apa Itu Rapid Test Corona & Ketahui Juga Fungsinya

Kian hari, jumlah orang yang positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 di Indonesia selalu bertambah. Demi mengetahui penyebaran dan jumlah orang yang positif, Presiden Joko Widodo melakukan rapid test di beberapa wilayah Indonesia.

Tujuan dan fungsi rapid test ini sendiri yakni untuk mengetahui siapa saja orang yang memiliki potensi menyebarkan virus corona, dan bisa cepat dilakukan tindakan agar jumlah kasus COVID-19 di Indonesia tidak semakin bertambah. 

Apa Itu Rapid Test Corona?

Merupakan satu metode screening awal untuk mendeteksi antibodi, yakni Immunoglobulin  M (IgM) dan Immunoglobulin G (IgG) yang diproduksi oleh tubuh manusia dalam melawan virus corona. Nantinya, antibodi akan dibentuk oleh tubuh bila terkena paparan virus corona.

Perlu diketahui juga, bahwa untuk mendeteksi pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bisa mencapai berminggu-minggu. Jadi, rapid test corona ini hanya sebagai pemeriksaan screening atau penyaringan, bukan untuk mendiagnosa infeksi COVID-19.

Baca Juga: Pahami Gejala Corona yang Terjadi dari Hari ke Hari pada Tubuh

Siapa yang Harus Ikut Rapid Test Corona?

Tidak semua orang diwajibkan untuk mengikuti rapid test corona karena keterbatasan alat. Sampai saat ini, pemeriksaan hanya diprioritaskan untuk orang yang lebih memiliki risiko tinggi terkena COVID-19, dengan ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Orang dalam Pengawasan (ODP) yang memiliki gejala-gejala, demam tinggi lebih dari 38°C, gejala gangguan pernapasan, flu, batuk, serta memiliki riwayat perjalanan ke lokasi yang terpapar COVID-19 sebelumnya.
  • Orang yang memiliki riwayat kontak dengan Pasien dalam pengawasan (PDP).
  • Orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien yang telah terkonfirmasi atau positif COVID-19.
  • Petugas kesehatan di rumah sakit yang menangani COVID-19.
  • Petugas kesehatan dan orang yang bekerja di Puskesmas, klinik, maupun rumah sakit.
  • Masyarakat yang memiliki profesi dengan interaksi sosial tinggi bersama TNI, polisi, pejabat publik, ulama, petugas bandara, dan juga pedagang pasar.

Meski tidak memiliki kriteria seperti yang telah disebutkan tadi di atas, Anda tetap dianjurkan untuk melakukan langkah-langkah dalam pencegahan virus corona dengan mencuci tangan secara rutin, menjaga daya tahan tubuh dan tetap melakukan physical distancing. Usahakan untuk tetap berada di rumah, jika Anda harus keluar rumah karena kepentingan mendesak sebaiknya jangan lupa juga untuk selalu mengenakan masker.

Selain itu, sebaiknya Anda juga harus melindungi diri dari kemungkinan terpapar infeksi virus corona dan penyakit lainnya dengan menggunakan perlindungan Asuransi Jiwa Syariah yang tepat seperti PRUCinta dari Prudential Indonesia. Menyediakan perlindungan komprehensif selama 20 tahun kepesertaan terhadap risiko meninggal dunia dan memberikan 100% santunan asuransi atas beban Dana Tabarru’.

Baca Juga: Jangan Keliru! Ketahui Dulu Beda Gejala Flu, Pilek, dan Virus Corona Berikut Ini

Back to Top