Ketahui 5 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Terlewatkan

Jadwal yang padat dan lalu lintas yang macet kerap kali membuat pola makan Anda agak kacau. Salah satunya mengabaikan sarapan. Padahal manfaat sarapan pagi bisa membantu seseorang lebih produktif bekerja.

Sarapan merupakan makan pada pagi hari. Biasanya kegiatan ini dilakukan sebelum mulai bekerja. Peran sarapan terhadap seseorang, baik yang bekerja maupun sekolah, sangat penting, yaitu sebagai bahan bakar tubuh. Ibarat mobil, tubuh memerlukan bensin untuk berjalan dengan lancar dan tidak mogok di jalan.

Bagi orang dewasa, mereka sering melewatkan sarapan. Sarapan dianggap hal sepele, karena kebiasaan mereka menyantap makan siang dan makan malam. Berdasarkan Breakfast in Human Nutrition: The International Breakfast Research Initiative menyebutkan bahwa sarapan membantu seseorang dalam memenuhi nutrisi yang optimal. Jika nutrisi terpenuhi, maka ia akan mendapatkan manfaat sarapan pagi untuk kesehatannya. Apa saja manfaatnya?

Lebih Produktif

Manfaat sarapan pagi adalah memberikan dorongan energi. Sehingga Anda memiliki kekuatan untuk bekerja dan lebih produktif menjalani aktivitas. Anda juga tidak merasa pusing ketika pagi hari harus mendatangi meeting.

Memberikan Nutrisi Penting

Sarapan akan memberikan Anda nutrisi penting bagi tubuh. Namun perlu diingat, pilih menu sarapan pagi yang sehat. Agar tubuh mendapatkan nutrisi baik. Caranya dengan membuat menu sarapan pagi simple dan sehat yang mengandung vitamin dan mineral, yaitu segelas air mineral atau susu almond dan satu pisang, salad buah, atau sandwich. Jika tak ingin repot, persiapkan sarapan pada malam hari dengan membuat overnight oat dan chia seed atau salad sayur dan saus wijen.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sarapan dapat meningkatkan fungsi kognitif. Sehingga efeknya konsentrasi meningkat, lebih fokus pada pekerjaan, dan membantu kemampuan mengingat. Jika Anda memiliki anak, berikan sarapan sehat nan lezat sebelum berangkat sekolah.

Menurunkan Risiko Kardiometabolik

Penyakit kardiometabolik antara lain diabetes, hipertensi, gagal ginjal dan lainnya merupakan “hantu” bagi semua orang. Tak ada orang yang menginginkan penyakit tersebut. Untuk mencegah atau menurunkan risiko kardiometabolik bisa dilakukan dengan menyantap sarapan pagi.

Studi membuktikan bahwa mengonsumsi sarapan sehat secara teratur meningkatkan kontrol tubuh terhadap indeks glikemik (IG). IG adalah angka potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang dikonsumsi. Jika konsumsi karbohidrat tidak terkontrol akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan berujung diabetes.

Pencegahan tak hanya dengan mengatur konsumsi makanan. Imbangi langkah pencegahan dengan sebuah perlindungan kesehatan secara komprehensif, PRUPrime Healthcare misalnya. Asuransi Kesehatan dari Prudential Indonesia ini memberikan perlindungan menyeluruh. Baik dari manfaat pembayaran rawat inap dan rawat jalan sesuai tagihan, manfaat tahunan no claim bonus, serta jangkauan rumah sakit luas hingga ke Malaysia dan Singapura.

Mengontrol Berat Badan

Bisakah sarapan pagi untuk diet? Bisa. salah satu manfaat sarapan pagi lainnya adalah mengontrol berat badan. Ketika Anda kenyang dengan sarapan, tidak akan merasa lapar ketika bekerja, tidak ngemil kudapan tinggi gula dan garam, atau makan siang dengan porsi besar yang berpotensi meningkatkan kadar gula darah atau menambah berat badan karena merasa sangat lapar.

Untuk mendapatkan manfaat di atas, sempatkan diri Anda untuk menikmati sarapan sebelum berkutat dengan kesibukan. Dan tularkan kebiasaan sarapan kepada keluarga Anda.

Back to Top