Ketahui Apa Itu Empon-Empon & Juga Manfaatnya Bagi Kesehatan | Prudential Indonesia

Ketahui Apa Itu Empon-Empon & Juga Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sejak merebaknya wabah virus COVID-19 di Indonesia, nama empon-empon pun kian populer dan banyak dicari. Tapi, tak jarang juga yang masih tidak mengetahui apa itu empon-empon dan juga manfaatnya.

Berkenalan dengan Empon-Empon

Sebelum dibahas lebih lanjut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu empon-empon?

Memiliki nama dasar empu, istilah ini digunakan untuk memberi nama bagian tanaman yang memiliki banyak manfaat dan kandungan di dalamnya. Empon-empon sendiri merupakan golongan kelompok tanaman yang dapat membentuk simpanan senyawa.

Golongan empon-empon itu sendiri biasanya tanaman yang memiliki rhizoma seperti jahe, serai, temulawak, temu putih, kencur, kunyit, lengkuas, jahe merah dan semacamnya. Beberapa tanaman tersebut memiliki khasiat yang mampu mengusir berbagai macam penyakit dari tubuh manusia. Maka dari itu, empon-empon sering dipakai untuk keperluan dalam membuat jamu sejak zaman dahulu.

Manfaat Empon-Empon untuk Kesehatan

Jika tadi Anda sudah mengetahui apa itu empon-empon, kini saatnya untuk mengintip manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, simak di bawah ini!

  1. Mampu meningkatkan imunitas tubuh.
  2. Membantu mencegah terkena risiko kanker.
  3. Meningkatkan kapasitas antioksidan dalam tubuh.
  4. Meredakan flu serta batuk.
  5. Mencegah radikal bebas.
  6. Mendukung sistem metabolisme tubuh.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Membuat Empon-Empon

Setelah mengetahui manfaat empon-empon, tak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri di rumah. Bahan utama yang harus Anda siapkan antara lain:

  • 2 ruas jahe merah
  • 3 ruas kunyit
  • 8 cm temu lawak
  • 5 lembar serai
  • 2 batang kayu manis
  • 700 ml air
  • gula aren secukupnya

Langkah membuat empon-empon:

  1. Kupas dan bersihkan semua bahan yang telah disiapkan, kemudian iris dengan ukuran sedang.
  2. Lalu masak air hingga mendidih, sambil menunggu Anda bisa mengeprek serai yang sudah disiapkan tadi.
  3. Jika air sudah mendidih, kini saatnya Anda masukkan semua bahan yang telah dibersihkan dengan menambahkan kayu manis.
  4. Jika semua bahan sudah masuk dan bercampur dengan air mendidih, baru tambahkan gula aren ke dalam rebusan empon-empon.
  5. Setelah mendidih, matikan kompor lalu saring air rebusan ke dalam segelas air.
  6. Empon-empon sudah siap untuk dikonsumsi.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu empon-empon, manfaatnya bagi kesehatan, serta cara mudah membuatnya yang bisa dilakukan di rumah. Selama pandemi corona di Indonesia, tentu sangat bagus jika Anda bisa mengonsumsi empon-empon secara rutin setiap harinya.

Selanjutnya, apabila Anda ingin terhindar dari berbagai macam risiko kesehatan, Anda bisa membeli produk perlindungan kesehatan yang tepat seperti PRUPrime Healthcare dari Prudential Indonesia. Salah satu Asuransi Kesehatan yang memiliki manfaat dan bisa mencakup pembayaran rawat inap, rawat jalan, dan juga tindakan bedah dan manfaat lainnya. Seluruh manfaat yang didapatkan bisa disesuaikan secara fleksibel dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Ciri-ciri Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik yang Sebaiknya Anda Jadikan Pilihan

Back to Top