Ketahui Apa Itu Kanker Darah, Penyebabnya & Cara Mencegahnya! | Prudential Indonesia

Ketahui Apa Itu Kanker Darah, Penyebab & Cara Mencegahnya!

Kanker darah merupakan kondisi sel darah yang tumbuh tidak terkontrol dan tidak normal. Sel darah yang menjadi kanker tidak bisa melawan infeksi dan membekukan darah. Penyakit ini biasanya mengenai sumsum tulang belakang, padahal bagian ini menjadi salah satu sumber produksi darah.

Adapun perbedaan kanker darah dengan kanker lainnya, yakni kanker darah tidak memunculkan benjolan padat atau tumor. Pengidap gangguan kesehatan yang satu ini bisa dari berbagai usia, baik anak-anak hingga orang dewasa.

Penyebab Kanker Darah

Apa saja penyebab kanker darah? Hingga saat ini tidak diketahui secara pasti apa penyebabnya. Namun, secara umum kondisi ini diduga terjadi karena adanya perubahan di dalam DNA yang membuat sel darah sehat berganti menjadi kanker.

Selain itu, penyebab kanker darah juga diduga karena faktor keturunan atau genetik. Jadi, bila ada keluarga Anda, misalnya kakek dan nenek, saudara kandung, orang tua memiliki riwayat kanker darah, Anda perlu berhati-hati karena memiliki risiko yang besar untuk mengidapnya.

Untuk kanker darah pada anak, diduga seringnya ibu hamil mengonsumsi alkohol dan terkena paparan radiasi sehingga kebiasaan ini memperbesar risiko anak mengidap kanker darah.

Baca juga: 5 Penyebab Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai Pada Wanita yang Belum Menikah

Cara Mencegah Kanker Darah

Hingga saat ini, belum ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari seseorang mengidap kanker darah. Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko seseorang mengidap gangguan kesehatan ini.

  1. Selalu menjaga berat badan agar tetap ideal dengan melakukan olahraga secara rutin.
  2. Bila bekerja di lingkungan yang mudah terkena senyawa kimia, seperti benzene, formalin, pestisida, dan radiasi baiknya melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur dan memakai Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, jas hujan, kacamata pengaman, pelindung wajah, safety helmet,  sepatu karet, dan sarung tangan.
  3. Mengonsumsi makanan yang sehat dan cukupi kebutuhan gizi.
  4. Tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol.

Demikian tadi informasi terkait penyebab dan cara mencegah kanker darah yang perlu diketahui. Semoga Anda bisa lebih menjaga kesehatan untuk menghindari kemungkinan penyakit kanker darah atau lainnya. 

Bila diperlukan, memiliki Asuransi Kesehatan seperti PRUCritical Benefit 88 bisa jadi pilihan. PRUCritical Benefit 88 merupakan produk Asuransi Jiwa yang memberikan perlindungan dari segala risiko Kondisi Kritis atau meninggal dunia sampai Tertanggung berusia 88 tahun. Asuransi ini juga bisa diandalkan dalam memberikan perlindungan terhadap salah satu dari 60 Kondisi Kritis atau meninggal sebesar 100% dari Uang Pertanggungan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memilih Asuransi Penyakit Kritis

Back to Top