Ketahui Fungsi Cairan Dalam Tubuh Manusia yang Perlu Dipahami

Air atau cairan merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Kehadirannya tak sekadar menjadi bagian terbesar dalam tubuh. Fungsi cairan dalam tubuh manusia berperan penting bagi kelangsungan kesehatan.

Tubuh orang dewasa mengandung 60 persen cairan dari keseluruhan berat badan. Sedangkan tubuh bayi memiliki 80 persen cairan. Jika kebutuhan cairan terganggu atau kurang, tubuh akan mengalami ketidaknormalan. Kesehatan pun bermasalah.

Air yang Anda konsumsi berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Air yang Anda minum akan diserap oleh usus dan diedarkan ke seluruh tubuh dalam bentuk cairan seperti darah dan komponennya. Selanjutnya darah mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Di sisi lain, ginjal yang bertugas menyaring partikel buruk akan membantu untuk mengeluarkannya, yaitu melalui buang air kecil. Mekanisme tersebut yang membuat seseorang tetap hidup.

Idealnya, seseorang memenuhi konsumsi cairan minimal 1,5 liter per hari. Tentu hal ini disesuaikan dengan kebutuhan, seperti aktivitas, usia, cuaca, dan kondisi kesehatan. Anda yang terlibat pekerjaan proyek pembangunan (di lapangan) membutuhkan cairan lebih dari 1,5 liter dibanding teman kerja di bagian administrasi yang bekerja di dalam ruangan. Mengapa harus mengonsumsi cairan sebanyak itu? Ketahui fungsi cairan dalam tubuh manusia berikut ini:

Menambah Energi

Jika Anda kurang mengonsumsi cairan, tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dan regenerasi sel-sel akan terganggu. Akibatnya tubuh lemah, lesu, serta tak ada energi. Dengan mengonsumsi sekitar delapan gelas air setiap hari, tubuh akan bekerja mengalirkan nutrisi. Sehingga energi Anda bertambah dan dapat bekerja secara maksimal.

Meningkatkan Fungsi Otak

Otak membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen. Cara untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan cairan. Memenuhi kebutuhan cairan dapat meningkatkan fungsi otak. Seperti lebih fokus terhadap pekerjaan, meningkatkan memori, dan membantu proses berpikir.

Jika Anda merasa mengantuk dan pusing saat sedang bekerja. Kemungkinan otak Anda tidak mendapatkan oksigen. Pasalnya, saat tubuh mengalami dehidrasi, tidak ada cairan yang dialirkan ke sel-sel tubuh termasuk otak. Sehingga otak berkontraksi dan menyebabkan rasa sakit kepala, bisa berupa pusing atau mengantuk. Tidak bisa berpikir maupun fokus bekerja. Untuk menghindarinya, Anda harus segera minum segelas air dan terus menjaga hidrasi tubuh.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Memenuhi cairan tubuh dapat memperbaiki sistem pencernaan. Salah satu cirinya adalah buang air besar (BAB) setiap hari. Jika Anda tidak rutin BAB, cobalah untuk minum air minimal 1,5 liter.

Memperbaiki Pola Makan

Anda merasa lapar ketika menjelang sore? Padahal sudah menyantap makan siang. Solusinya adalah minum segelas air. Anda ingin diet? Penuhi kebutuhan cairan minimal delapan gelas per hari. Kenapa hal itu dilakukan? Karena fungsi cairan dalam tubuh adalah memperbaiki pola makan.

Hal ini juga berlaku untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Konsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan, serta cukupi minum air mineral. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan berlemak, makanan instan dan processed food, kurangi pula makanan dan minuman manis, serta minuman beralkohol.

Untuk memiliki tubuh sehat, Anda harus berupaya dengan disiplin tinggi. Termasuk disiplin menjalankan pola makan sehat. Di samping itu, Anda harus memberikan perlindungan terhadap diri sendiri berupa Asuransi Kesehatan. Asuransi ini bertujuan memberikan proteksi kepada Nasabah bila terjadi risiko kesehatan yang tidak diharapkan, menghindari inflasi yang terjadi di dunia kesehatan, serta mendapatkan pelayanan kesehatan  menyeluruh. Seperti yang dilakukan oleh PRUPrime Healthcare. Asuransi Kesehatan dari Prudential Indonesia akan melindungi kesehatan Anda secara komprehensif, memberikan manfaat sesuai tagihan rumah sakit, dan memiliki jangkauan rumah sakit hingga ke Singapura dan Malaysia.

Menjaga Suhu Tubuh

Aktivitas atau olahraga yang menyebabkan Anda mengeluarkan keringat membuat tubuh dehidrasi. Namun Anda bisa menghindarinya dengan minum air mineral yang dapat menjaga suhu tubuh normal. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi larutan elektrolit. Fungsi cairan elektrolit dalam tubuh adalah menyeimbangkan elektrolit tubuh serta mengganti energi yang hilang.

Mengetahui fungsi cairan dalam tubuh manusia dapat mengingatkan Anda untuk mengonsumsi air. Lakukan dengan disiplin dan pilih air yang benar-benar sehat.

Back to Top