Ketahui Gejala Cacar Air Pada Anak dan Cara Mengobatinya | Prudential Indonesia

Ketahui Gejala Cacar Air Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit cacar air, minimal satu kali sepanjang hidupnya. Setelah itu, tubuh Anda akan membangun sistem pertahanan yang baik di kedepannya. Tak jarang dari kebanyakan orang yang hanya mengalaminya sekali seumur hidup, atau bahkan ketika sudah dewasa malah baru terserang.

Meskipun penyakit ini bisa dikategorikan tidak berbahaya, namun cacar air akan dengan mudah menular kepada orang-orang yang melakukan kontak fisik terhadap pengidapnya. Walaupun penyakit ini dapat menyerang siapa pun saat daya tahan tubuhnya menurun tetapi lebih rentan menyerang anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena gejala cacar air dapat dengan mudah disembuhkan di rumah, jika ditangani dengan benar. Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit cacar air pada anak? Sebelum mengetahuinya, Anda sebaiknya mengenali gejala cacar air pada anak terlebih dahulu. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Gejala Cacar Air yang Menyerang Anak

Pada umumnya, gejala cacar air yang menyerang anak-anak dan dewasa hampir sama. Pada tahap awal, suhu tubuh meningkat dan mulai muncul bintik-bintik merah berisi air di seluruh tubuh. Lalu, akan mulai terasa gatal pada bagian tersebut.

Gejala cacar air pada anak seperti ini yang akan sangat mengganggu, karena tidak boleh digaruk meskipun terasa gatal. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan infeksi. Selain itu, nafsu makan anak juga akan menurun seiring tubuhnya terasa lemas dan pusing.

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak-anak

Setelah mengenali gejala cacar air, Anda juga perlu mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan si Kecil jika sudah terserang sakit cacar air dengan cara yang tepat dan benar seperti di bawah ini:

  • Memastikan anak istirahat di rumah sambil diberikan obat penurun demam
  • Mencegah si Kecil menggaruk cacar air agar tidak menimbulkan rasa perih
  • Memberikan bedak yang memiliki sensasi dingin dengan kandungan calamine di dalamnya
  • Memberikan makanan yang kaya akan gizi seimbang untuk mempercepat proses pemulihan

Itulah beberapa gejala cacar air dan pengobatannya pada anak yang dapat Anda lakukan. Jika si Kecil tidak menunjukkan tanda-tanda membaik, segera lakukan pemeriksaan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Anak-anak memang cenderung mudah terserang berbagai penyakit sejak dalam kandungan karena sistem imunnya yang belum terbentuk secara sempurna. Oleh sebab itu, dibutuhkan perlindungan ekstra dari orang tuanya. Selain memastikan anak mendapatkan gizi yang seimbang, lengkapi juga dengan perlindungan Asuransi Jiwa sejak dalam kandungan untuk mencegah berbagai risiko. 

Salah satu produk Asuransi Jiwa inovatif yang menyediakan produk khusus untuk si Kecil yaitu PRUMy Child dari Prudential. PRUMy Child sendiri tidak hanya menyediakan perlindungan sejak dalam kandungan hingga si Kecil dewasa, namun terdapat investasi juga di dalamnya. Sehingga, dengan memiliki asuransi ini Anda tidak perlu khawatir terkait kesehatan, keuangan, dan pendidikan untuk anak.

Back to Top