Ketahui Layanan Penting Rumah Sakit yang Diberikan di Ruang ICU | Prudential Indonesia

Ketahui Layanan Penting Rumah Sakit yang Diberikan di Ruang ICU

Intensive Care Units atau ICU adalah ruangan di rumah sakit yang diperuntukkan untuk menangani para pasien yang sedang berada pada kondisi kritis. Tujuannya tidak lain agar para pasien ini dapat dirawat secara langsung dengan fokus dan agar kondisi penyakit tidak semakin buruk.

Namun, bagaimana sebenarnya perawatan yang diberlakukan di dalam ruangan ICU? Berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui seputar ICU!

Pengawasan Kondisi Jantung Pasien

Ketika masuk ke dalam ruangan ICU, Anda akan mendapati para pasien yang terhubung dengan berbagai macam alat. Beberapa di antaranya berfungsi untuk mendeteksi detak jantung, tekanan darah, serta mengukur kadar oksigen pada darah (oxygen saturation). Apa tujuannya?

Mesin-mesin ini memungkinkan para dokter dan perawat untuk memperhatikan serta melakukan observasi pada kondisi pasien. Mereka akan melihat peningkatan atau penurunan kondisi kesehatan.

Selain itu, apabila kondisi kesehatan para pasien berada jauh di bawah normal, mesin-mesin ini memungkinkan para perawat dan dokter untuk mengetahui lebih cepat. Penanganan atau intervensi mendadak pun akan diberikan lebih cepat juga. 

Perawatan Pasien dengan Gangguan Pernapasan

Alat-alat yang telah disebutkan di atas berguna untuk mengawasi kondisi orang-orang yang memiliki masalah pada jantung mereka. Namun sebenarnya, ICU adalah ruangan untuk merawat jenis kondisi yang lebih universal dari itu.

Maka dari itu, Anda juga akan menemukan alat-alat yang membantu pernapasan bagi mereka yang kesulitan bernapas. Sebagai contoh, ventilator dan respirator.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Gejala Tifus yang Sebaiknya Diperhatikan Sesegera Mungkin!

Penanganan dengan Para Ahli yang Lebih Lengkap

Selain mesin yang lengkap guna memudahkan penanganan, ICU juga melibatkan berbagai macam ahli medis, antara lain dokter, suster, para ahli pernapasan, ahli farmasi, ahli gizi, dan lain-lain. Mereka akan bekerja sama untuk memastikan penanganan kondisi Anda berjalan tepat.

Itulah tadi penjelasan seputar ICU. Pada dasarnya, ICU adalah ruangan yang mencakup program perawatan, para ahli, serta peralatan medis yang semuanya bertujuan untuk menangani pasien secara lebih optimal agar kondisinya cepat membaik.

Selanjutnya, pastikan asuransi Anda memiliki cakupan lengkap yang dapat membantu Anda memperoleh penanganan terbaik sesuai kondisi penyakit. Prudential Indonesia melalui PRUTect Care menawarkan cakupan Asuransi Jiwa yang komprehensif dengan berbagai manfaat pilihan, seperti manfaat harian rawat inap (Non-ICU) serta manfaat perawatan ICU.

Anda juga bisa mengurangi biaya kecil yang sering kali menjadi besar jika digabungkan dengan biaya lainnya, misalnya tiket parkir rumah sakit, biaya makanan di kantin, serta jajan camilan. PRUTect Care pun dapat menjadi Hospital Cash Plan Anda demi membantu mengatasi biaya kecil tersebut.

Baca Juga: Jangan Salah! Berikut Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui

Back to Top