Ketahui Tahap Perkembangan Anak Usia Dini Serta Cara Mendidiknya yang Tepat

Setiap orang tua perlu mengetahui pertumbuhan setiap anaknya. Pasalnya, masa kanak-kanak merupakan periode pertumbuhan dan perkembangan penting di dalam kehidupannya sebagai manusia. Ada berbagai tahap perkembangan anak yang akan dilaluinya. Seperti apa perkembangan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini lengkap dengan cara mendidiknya!

Usia 0-12 Bulan

Pada rentang usia 0-12 bulan, kemampuan gerak dan panca indera seorang anak masih terbatas, maka dibutuhkan waktu untuk melatih sebuah kebiasaan-kebiasaan baru. Mereka belum mampu mempertimbangkan kebutuhan, keinginan, atau kepentingan orang lain sehingga orang tua sangat berperan penting dalam usia yang krusial ini, karena ia hanya akan menirukan apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Maka dari itu, sebaiknya Anda memberikan contoh yang baik untuk si Kecil dengan tepat.

Usia 1 Tahun

Apabila usianya telah mencapai 12 bulan atau 1 tahun, maka si Kecil akan mulai bisa menerima rangsangan dan masuk ke dalam lingkungan sosialnya walaupun terbatas. Perkembangan anak usia 1 tahun pun sudah mampu melihat satu hal dari sudut pandang orang lain.

Sebagai orang tua, Anda perlu mengenalkannya dengan orang-orang yang ada di sekitar. Hal ini untuk menghindarkannya dari rasa takut yang bisa saja muncul jika bertemu dengan orang baru.

Usia 2 Tahun

Bagi anak yang berada di usia ini, maka kemampuan untuk meniru orang lain atau kondisi di sekelilingnya pun mulai terlihat. Meski belum terstruktur, kemampuan berbicaranya akan mulai meningkat dan hal ini pun menjadi tanda-tanda lain dari perkembangan anak usia 2 tahun.

Usia 3 Tahun

Perkembangan anak usia 3 tahun tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, mereka akan mulai melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda sehingga orang tua perlu tetap mendampinginya. Hal ini untuk menghindarkan anak dari kebiasaan-kebiasaan buruk.

Demikian tadi beberapa informasi terkait perkembangan anak usia dini yang sebaiknya diketahui. Selain mengetahui berbagai perkembangan tersebut, Anda juga perlu menyiapkan perlindungan berupa asuransi ketika gangguan kesehatannya terjadi.

Salah satu asuransi yang bisa Anda pilih yakni PRUMy Child yang merupakan produk inovatif pertama di Indonesia yang menyediakan perlindungan jiwa terkait investasi untuk anak Anda, sejak sebelum ia dilahirkan.

Produk asuransi dari Prudential ini memberikan perlindungan yang komprehensif mulai saat ia masih dalam kandungan, dilahirkan, hingga ia dewasa kelak. Perlindungan tersebut mulai dari perlindungan kesehatan, finansial, hingga pendidikan.

Back to Top