Kriteria Gizi Anak Tercukupi untuk Dukung Tumbuh Kembangnya | Prudential Indonesia

Kriteria Gizi Anak Tercukupi untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

Demi mendukung tumbuh kembang anak, salah satu hal yang perlu diperhatikan orang tua adalah asupan gizi yang harus terpenuhi setiap harinya. Sebaliknya, bila gizi anak tidak tercukupi atau bahkan berlebih, maka risiko malnutrisi dan obesitas pun semakin tinggi. Setidaknya ada 6 kriteria gizi anak tercukupi demi mendukung tumbuh kembangnya. Apa saja? Berikut informasinya!

Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Anak yang memiliki kecukupan gizi dalam tubuhnya ditandai dengan nafsu makan yang baik, artinya tidak sulit makan dan tidak memilih makanan. Bagaimana cara agar anak bisa memiliki nafsu makan yang baik? Salah satu langkahnya dengan memvariasikan menu makanan dan bentuk perilaku makan sejak masih bayi.

Anak Memiliki Berat Badan dan Tinggi yang Sesuai dengan Umurnya

Anak bergizi baik juga ditandai dengan berat dan tinggi badan yang bertambah sesuai dengan batas pertumbuhan yang normal berdasarkan usianya.

Anak Tidur dengan Nyenyak dan Memiliki Tubuh Kuat

Setiap orang disarankan tidur minimal 8 jam sehari. Jika kebiasaan ini sering dilakukan oleh anak, maka bisa diartikan gizi anak telah tercukupi dan seimbang.  Tidak hanya itu, tubuh yang kuat biasanya dimiliki oleh anak yang punya gizi baik. Anak tidak mudah merasa lelah serta tulang dan ototnya terasa kencang.

Anak Lincah dan Aktif Saat Berkegiatan

Anak yang dalam kesehariannya lincah dan aktif menjadi salah satu kriteria gizi anak yang baik.  Namun, bila saat menjalankan aktivitasnya anak cenderung mudah letih dan kurang aktif bergerak, besar kemungkinan kebutuhan gizinya tidak terpenuhi dengan baik.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Persiapkan untuk Masa Depan Anak

Anak Rutin BAB Teratur

Apabila si kecil terbiasa buang air besar (BAB) secara teratur setiap hari atau dua hari sekali, berarti saluran cerna anak Anda cenderung sehat berkat dukungan kebutuhan gizi yang terpenuhi.

Anak Jarang Sakit

Salah satu kriteria gizi anak tercukupi, yakni anak memiliki daya tahan tubuh yang baik. Bila sang anak cenderung jarang sakit atau jarang mengalami gangguan kesehatan, maka anak sudah tercukupi kebutuhan gizinya.

Demikian beberapa kriteria gizi anak tercukupi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Selain memperhatikan gizi anak, Anda juga bisa membeli produk Asuransi Kesehatan komprehensif yang mampu melindungi Anda dan janin, bahkan hingga anak sudah besar nanti.

Salah satu yang bisa dipilih PRUMy Child dari Prudential Indonesia. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan antara lain adanya pertanggungan jiwa atas janin atau calon bayi dan ibu selama hamil, manfaat komplikasi yang terjadi pada ibu dalam masa kehamilan atau sesudah melahirkan,  manfaat kelainan bawaan pada anak, pertanggungan jiwa atas anak jika meninggal dunia atau mengidap cacat total dan tetap, serta adanya manfaat perawatan di inkubator / Intensive Care Unit (ICU) / High Dependency Unit (HDU) untuk bayi.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Asuransi Kesehatan yang Bagus untuk Anak

Back to Top