Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Konsumsi madu untuk kesehatan sudah bukan merupakan hal  baru. Namun, siapa sangka bahwa madu pun menawarkan khasiat bagi ibu yang tengah mengandung? Ada beragam manfaat madu yang ditawarkan. Apa saja manfaat tersebut? Cek daftarnya di bawah ini!

Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa cairan yang bersumber dari sarang lebah ini berkhasiat untuk sistem imun tubuh. Khasiat ini juga berlaku bagi ibu hamil sebab adanya kandungan antioksidan dan anti bakteri di dalamnya.

Mengurangi Morning Sickness

Salah satu permasalahan yang kerap muncul saat seorang ibu mengandung adalah morning sickness berupa mual dan muntah yang terjadi pada trimester pertama kehamilan. Untuk membantu mengurangi kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi madu secara berkala.

Menekan Risiko Insomnia

Selain keluhan morning sickness, keadaan susah tidur atau insomnia kerap menghampiri perempuan berbadan dua, entah karena alasan stres atau janin yang aktif bergerak. Padahal waktu tidur harus selalu dicukupi agar tubuh dapat tetap bugar. Sebagai solusi, konsumsi madu pun disarankankan untuk menekan risiko insomnia ini.

Mengatasi Pilek

Tidak hanya itu, manfaat madu bagi tubuh seorang ibu hamil yakni mengatasi pilek. Pengobatan dengan cara ini lebih baik dilakukan daripada harus mengonsumsi obat-obat kimia yang justru tidak aman bagi ibu hamil.

Mengendalikan Batuk dan Masalah Tenggorokan

Terakhir, manfaat madu untuk ibu hamil juga efektif dalam mengendalikan batuk dan permasalahan tenggorokan yang sedang dialami. Apalagi jika madu tersebut dikonsumsi dengan sari lemon.

Demikian tadi beberapa informasi terkait manfaat madu untuk ibu hamil yang perlu dicatat. Cara mengonsumsi madu ini bisa dilakukan dengan mencampurkannya ke dalam secangkir teh hangat  atau diminum langsung.

Yang jelas, konsumsi madu untuk ibu hamil sebaiknya tidak mentah atau telah disterilisasi sehingga tidak terkena dampak buruk dari Listeria Monocytogenes atau bakteri lainnya yang mengancam janin. Semoga informasi ini bermanfaat!

Back to Top