Mengenal Fungsi Ginjal dan Cara Menjaganya Agar Tetap Sehat | Prudential Indonesia

Mengenal Fungsi Ginjal dan Cara Menjaganya Agar Tetap Sehat

Ginjal merupakan organ yang berada di bagian bawah tulang rusuk belakang tubuh manusia. Walaupun hanya berukuran layaknya satu kepalan tangan, ginjal merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan wajib dijaga.

Bagaimana tidak? Apabila ginjal mengalami kerusakan atau gangguan, organ tubuh lain akan merasakan dampaknya. Maka dari itu, simak informasi seputar kesehatan fungsi ginjal dan cara menjaganya berikut ini!

Fungsi Ginjal yang Perlu Diketahui

Fungsi utama organ tubuh ini adalah membersihkan darah dari senyawa beracun pada tubuh sebelum akhirnya dialirkan ke seluruh tubuh. Setelah itu, segala hal yang perlu dibuang tersebut kemudian dikeluarkan melalui urin.

Bukan hanya itu, ginjal juga berperan menghasilkan berbagai hormon yang membantu produksi sel darah merah eritropoietin dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, sel darah merah eritropoietin juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Baca Juga: Ketahui Fungsi Cairan Dalam Tubuh Manusia yang Perlu Dipahami

Menjaga Kesehatan Fungsi Ginjal

Lantaran ginjal memiliki peran penting yang mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, Anda perlu menjaga kesehatan dan fungsi ginjal secara baik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki ginjal yang sehat.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Selain berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, minum air putih secara rutin juga diperlukan tubuh demi menunjang salah satu fungsi utama ginjal dalam membersihkan racun.

  •  Mengatur Gula Darah

Risiko kerusakan atau gagal ginjal lebih tinggi pada penderita diabetes. Penyebabnya kadar insulin yang rendah pada penderita diabetes membuat gula darah tidak dapat dimanfaatkan menjadi energi dan harus terbuang melalui urin. Ginjal harus menyaring secara lebih dan hal ini dapat memicu komplikasi pada ginjal.

  • Hindari Merokok

Merokok mengakibatkan penyaluran darah ke jaringan-jaringan tubuh, termasuk ginjal, menjadi terhambat. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah sebab adanya kebiasaan merokok.

  • Menjaga Pola Makan

Segala makanan yang Anda konsumsi sebaiknya tidak terlalu banyak garam atau fosfor, seperti makanan olahan dan cepat saji. Makanlah menu yang rendah gula seperti ikan, gandum utuh, dan juga kol.

  • Berolahraga Rutin

Olahraga mampu membantu membuat tekanan darah menjadi stabil. Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk kerusakan ginjal.

Nah, itu tadi beberapa informasi seputar fungsi ginjal yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda senantiasa menjaga kesehatan ginjal dengan melakukan kelima hal yang telah disebutkan di atas. Bila perlu, Anda dapat membeli produk Asuransi Kesehatan guna meningkatkan perlindungan dari risiko kesehatan yang mungkin menyerang kapan saja.

Prudential Indonesia menyediakan perlindungan ini melalui PRUPrime Healthcare Plus yang merupakan Asuransi Tambahan (Riders) komprehensif, fleksibel, serta dengan yang jangkauan luas, bahkan hingga mencapai seluruh dunia.

Baca Juga: Gejala Asam Urat yang Sering Disepelekan, Apa Saja?

Back to Top