Pahami Gejala Corona yang Terjadi dari Hari ke Hari pada Tubuh | Prudential Indonesia

Pahami Gejala Corona yang Terjadi dari Hari ke Hari pada Tubuh

Virus corona mulai merebak sejak akhir 2019 dan telah banyak memakan korban, baik yang dirawat hingga meninggal dunia. Pertama kali muncul di Wuhan, China, virus yang menyerang pernapasan manusia ini juga dikenal dengan nama COVID-19, yang merupakan sinkgkatan dari Coronavirus Disease 19.

Proses infeksi virus corona bisa ditularkan dari orang yang sudah mengidap COVID-19 ke orang yang sehat melalui cairan yang keluar dari hidung atau mulut saat pengidap batuk atau bersin.

Infeksi virus corona juga bisa tertular dari cairan yang dihirup oleh orang sehat ketika berdekatan dengan pengidap. Terdapat beberapa gejala corona yang biasanya terjadi secara bertahap. Mari pahami apa saja gejala corona dari hari ke hari agar bisa mendapatkan pertolongan dengan segera.

Hari Pertama

Pengidap akan mengalami batuk kering, demam lebih dari 38°C, hidung tersumbat, nyeri otot, merasa kelelahan, lemas, sakit tenggorokan, dan ada kemungkinan mengalami mual dan diare yang sudah dialami sejak satu atau dua hari sebelumnya.

Hari Kelima

Pengidap mengalami kesulitan bernapas secara normal, apalagi untuk pengidap yang telah memiliki masalah kesehatan sebelumnya dan orang yang sudah lanjut usia.

Hari Ketujuh dan Kedelapan

Bila gejala di atas belum menunjukkan perbaikan, pengidap harus mulai mendapatkan perawatan intens dari rumah sakit. Pada waktu ini, khususnya yang memiliki masalah kesehatan bawaan akan merasakan gangguan pernapasan akut karena paru-paru dipenuhi cairan.

Hari Kesepuluh

Di waktu ini kategori kasus bukan lagi ringan, namun berat bila gejala corona bertambah parah. Pengidap akan mendapatkan perawatan di ruang ICU.

Hari Ketujuh Belas

Pada fase ini, gejala corona akan berangsur-angsur hilang, pengidap bisa keluar dari rumah sakit dan dinyatakan sembuh setelah 2,5 minggu memeroleh perawatan medis secara intens.

Baca juga: Inisiatif Perlindungan dan Kemudahan Tambahan Terhadap Kasus Infeksi Virus Corona Jenis Covid-19

Perlu diketahui, gejala-gejala awal pada virus corona bisa saja tidak langsung muncul setelah pengidap terinfeksi. Biasanya, pengidap akan mengalami gejala corona di hari kelima, meskipun ada juga pengidap yang mengalami gejala corona lebih dari 12 hari setelah terkena virus.

Nah, itulah informasi seputar gejala corona yang perlu Anda pahami. Teruslah update akan informasi terkini mengenai virus corona dari berbagai sumber terpercaya.

Selain itu, ikuti berbagai anjuran agar terhindar dari paparan virus corona seperti cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik atau menggunakan hand sanitizer. Jangan memegang mata, hidung, dan mulut sebelum bersihkan tangan, tutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin dengan siku bagian dalam atau tisu. Perlu juga hindari tempat keramaian serta lakukan gaya hidup sehat seperti istirahat cukup, menjaga pola makan, dan olahraga.

Jika diperlukan, lindungi diri Anda dari kemungkinan infeksi virus corona dan penyakit lainnya dengan menggunakan perlindungan kesehatan, seperti Asuransi Tambahan (RidersPRUTotal Critical Protection (PRUTop) dari Prudential Indonesia. Produk Asuransi Tambahan (Riders) ini membantu Anda menghindari ancaman masalah finansial terkait kondisi kritis, termasuk risiko penyakit-penyakit baru yang belum ditemukan di masa depan, seperti virus corona.

Baca juga: Prudential Indonesia Luncurkan Inisiatif Perlindungan dan Kemudahan Tambahan Terhadap Kasus Infeksi Virus Corona Jenis 2019-nCoV

Back to Top