Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian | Prudential Indonesia

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Tidur, bangun, makan, mandi, bekerja, maupun aktivitas lainnya membutuhkan energi yang didapat dari makanan dalam bentuk kalori. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, baik itu laki-laki maupun perempuan. Dilansir dari liputan6.com[1], rata-rata kebutuhan kalori pria dewasa adalah 2.500 kalori, sedangkan perempuan dewasa sektiar 2.500 kalori. Namun, jumlah tersebut dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, dan aktivitas harian yang dilakukan. Jika kegiatan yang dilakukan membutuhkan aktivitas fisik yang berat, maka kebutuhan kalori harian pun akan meningkat.

Seiring dengan meningkatnya aktivitas fisik di usia dewasa, kebutuhan energi juga meningkat, sehingga tubuh juga memerlukan asupan nutrisi yang tepat. Namun, banyak orang tanpa sadar mengonsumsi makanan yang tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian, dan lebih memilih makanan junk food. Perlu diperhatikan juga, sudah mengonsumsi makanan sehat pun belum tentu nutrisinya terpenuhi. Nutrisi yang diperlukan oleh tubuh diantaranya adalah karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral. Nutrisi tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi dan harus sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, kita harus membuat pilihan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat. Vitamin dan suplemen yang biasa kita konsumsi dalam botol, belum tentu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kita seperti bahan makanan yang lain. Dari laman Harvard Health Publishing[2] beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, diantaranya

  1. Mengurangi konsumsi gula yang ada pada soft drinks, sports drinks, es teh, maupun minuman dengan rasa manis lainnya. Minuman-minuman dengan kandungan gula berlebih dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan gangguan pada jantung. Ganti minuman tersebut dengan lebih banyak mengonsumsi air mineral.
  2. Mengurangi karbohidrat olahan, seperti gandum atau nasi yang sudah diolah memiliki efek samping yang sama terhadap tubuh sama halnya dengan gula. Selain itu, mengurangi konsumsi kentang goreng, roti putih, dan olahan karbohidrat lainnya. Sebagai gantinya, lebih baik mengonsumsi biji-bijian utuh, nasi merah, gandum utuh, serta buah-buahan dan sayur-sayuran.
  3. Jangan terjebak dengan salad rendah lemak karena tubuh kita akan kekurangan lemak-lemak baik lainnya. Tambahkan dengan lemak yang sehat, seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.
  4. Jangan lupakan serat yang bisa didapatkan dari sumber yang baik, seperti buah-buahan, sayuran, gandum utuh, dan kacang-kacangan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Corona

Makanan dan minuman yang sehat sangat diperlukan oleh setiap orang. Namun, pemberian nutrisi harus dalam porsi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila tubuh kekurangan nutrisi dalam kurun waktu yang lama, tubuh akan terlalu kurus dan memicu gangguan kesehatan. Kelebihan nutrisi juga dapat membahayakan tubuh, seperti obesitas karena kelebihan karbohidrat, gangguan ginjal karena kelebihan protein, dan penyempitan pembuluh darah karena kelebihan lemak.

Teknologi yang semakin maju memudahkan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Saat ini, banyak aplikasi yang dapat membantu kita untuk menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, memberikan informasi mengenai jumlah kalori pada setiap makanan yang dikonsumsi, serta memberitahu kita nutrisi apa saja yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga, kalori yang dikonsumsi tidak berlebihan maupun kekurangan dan nutrisi yang diserap oleh tubuh tetap dalam keadaan seimbang. Silakan mencoba.

Baca juga: 6 Persiapan yang Perlu Dilakukan Agar Tubuh Tetap Fit Selama Musim Hujan di Indonesia

 

[1] Daftar Makanan Tinggi Kalori, Konsumsi dengan Bijak Agar Tak Ganggu Kesehatan (https://hot.liputan6.com/read/3991907/daftar-makanan-tinggi-kalori-konsumsi-dengan-bijak-agar-tak-ganggu-kesehatan)

[2] Are You Getting Essential Nutrients from Your Diet? (https://www.health.harvard.edu/healthbeat/are-you-getting-essential-nutrients-from-your-diet)

Back to Top