Selain Sehat, Ketahui 5 Manfaat Lari Pagi Lainnya Berikut Ini

Bangun pagi, ganti baju, mengenakan sepatu, dan berolahraga mungkin berat bagi Anda. Namun olahraga seperti lari pagi memiliki banyak manfaat.

Lari pagi merupakan olahraga yang murah dan mudah dilakukan. Olahraga ini tak hanya membuat tubuh sehat. Jika Anda rutin melakukannya, banyak manfaat baik secara fisik dan psikis yang akan didapatkan.

Menambah Energi

Lari termasuk olahraga yang intensitasnya tinggi. Olahraga seperti itu membuat tubuh mengeluarkan endorfin dan adrenalin. Kedua hormon tersebut dapat membuat Anda lebih fokus, memperbaiki memori, selalu siap, dan menambah energi di pagi hari. Pekerjaan menuntut Anda menghabiskan waktu di lapangan? Tak masalah.

Sempatkanlah lari pagi 30 menit untuk mendapatkan asupan oksigen, sehingga mampu menambah energi dalam tubuh. Jika merasa berat, Anda bisa memulai lari pagi 15 menit dengan langkah ringan atau jogging diselingi lari intensitas sedang 10 menit. Lakukan selama 30 sampai 40 menit.

Menjaga Tekanan darah

Manfaat lari di pagi hari pun bisa menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi. Studi Vascular Health and Risk Management pada 2014 menunjukkan bahwa olahraga pagi berkontribusi dalam mengurangi stres atas sistem kardiovaskular  pada pasien pra-hipertensi dengan tekanan darah diastolik malam hari.

Memperbaiki Mood

Seperti yang telah disebutkan di atas. Olahraga mengeluarkan endorfin. Hormon tersebut dapat memperbaiki mood atau perasaan seseorang. Jadi setelah lari pagi, Anda akan merasa bahagia dan berada dalam kondisi prima.

Membangun Kebiasaan Baik

Memiliki tubuh sehat memerlukan usaha. Lari pagi adalah usaha membangun kebiasaan baik. Kebiasaan tersebut menuntut Anda untuk tidur lebih awal, bangun pagi, lari pagi, memenuhi asupan nutrisi, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan bersantai di rumah dengan keluarga.

Ibarat sistem keamanan, lari pagi adalah perlindungan diri dari dalam. Perlindungan yang membuat tubuh sehat, segar, dan bugar. Selain itu, lengkapi pula perlindungan dari luar. Tak hanya rutin olahraga saja, namun Anda pun juga butuh perlindungan yang tepat seperti memiliki Asuransi Jiwa. Salah satunya yang bisa bisa Anda pilih adalah  PRUPrime Healthcare Plus, karena memililki manfaat tambahan berupa perlindungan kesehatan yang lengkap dan juga fleksibel.

Tidur Berkualitas

Jika Anda memiliki waktu tidur cukup namun tidak berkualitas, coba lari pagi secara rutin. Karena kegiatan ini memberikan Anda tidur berkualitas. Study Sleep Medicine pada 2017 memperlihatkan bahwa olahraga pagi sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki gangguan susah tidur malam.

Jika Anda sudah niat olahraga, tetapi susah bangun dari tempat tidur, ada tips sehat lari pagi yang bisa Anda lakukan:

  1. Setel alarm dengan nada dering super kencang. Jika Anda masih susah bangun, bisa minta tolong kepada anggota keluarga lainnya untuk membangunkan Anda.
  2. Anda tidak perlu lari pagi ke stadion, apalagi jika jarak rumah ke stadion cukup jauh. Cukup keliling kompleks rumah selama 30-40 menit.
  3. Sebelum lari pagi, jangan lupa untuk mengisi perut. Karena bagaimanapun tubuh Anda memerlukan bahan bakar untuk berlari. Anda dapat mengonsumsi segelas air mineral dan satu buah pisang, apel, atau energy bar. Bawa sebotol air mineral untuk menjaga hidrasi tubuh.

Mengawali hari dengan lari pagi membuat fisik dan mental Anda lebih sehat dan kuat.

Back to Top