Sering Nyeri Saat Haid? Ini 5 Cara Menghilangkannya yang Bisa Anda Lakukan

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, sehingga efek sampingnya pun tidak sama. Namun, pada sebagian besar wanita akan merasakan nyeri berlebih hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi nyeri saat haid? 5 cara ini dapat menjadi solusi yang bisa Anda coba.

  • Menghangatkan Perut dengan Kompres Air Panas

Salah satu cara menghilangkan nyeri haid dapat dilakukan dengan mengompres perut bagian bawah dengan menggunakan air panas. Solusi seperti ini dapat membantu otot di area abdomen menjadi lebih rileks sehingga rasa sakit tersebut menjadi berkurang.

  • Melakukan Kegiatan Fisik Lebih Aktif

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga ringan. Walaupun pada awalnya akan terasa sulit bergerak, nyatanya dengan cara ini akan bisa membantu memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh dengan baik.

  • Mengonsumsi Makanan Bergizi Tinggi

Tak hanya dua cara yang telah disebutkan di atas saja, cara lain untuk menghilangkan nyeri haid hari pertama ternyata juga dapat dilakukan dengan menjaga asupan makan sehari-hari. Pastikan Anda telah mengonsumsi makanan bergizi agar hormon dalam tubuh dapat bekerja dengan lancar.

  • Menjaga Pola Makan yang Teratur

Biasanya, pada saat haid sebagian besar wanita akan kehilangan nafsu makan. Namun, cara menghilangkan nyeri haid perlu dilakukan dengan makan secara teratur agar organ tubuh Anda dapat bekerja secara teratur.

  • Minum Air Hangat

Jika Anda lebih memilih cara menghilangkan nyeri haid secara alami daripada mengonsumsi obat, maka minumlah lebih banyak air hangat. Walaupun tidak dapat menghilangkan rasa sakit dengan instan, namun, dapat mengurangi rasa kembung agar mengurangi tekanan di sekitar perut dan membuatnya terasa lebih nyaman.

Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri saat haid pada wanita. Jika hal tersebut sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter

Selain itu, tentunya Anda juga membutuhkan asuransi yang tepat untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan di hari mendatang. Bersama Asuransi Kesehatan dari Prudential Indonesia, PRUPrime Health Care Anda akan memiliki manfaat pembayaran rumah sakit sesuai tagihan. Mulai dari biaya rawat inap, rawat jalan, dan berbagai manfaat menguntungkan lainnya. Dapatkan segera informasi lebih lanjut mengenai produk ini dengan mengunjungi langsung website resmi Prudential.

Back to Top