Tak Melulu Karena Sering Konsumsi Es, Ini 5 Penyebab Batuk yang Perlu Diketahui

Minuman dingin atau es tidak melulu menjadi penyebab batuk pada anak. Makanan yang dikonsumsinya pun bisa menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan yang satu ini. Adapun makanan penyebab batuk biasanya bersumber dari makanan olahan atau makanan yang digoreng.

Secara umum, ada beberapa jenis batuk yang sering terjadi pada anak mulai dari batuk berdahak, batuk kering, batuk croup atau infeksi saluran pernapasan, batuk rejan, hingga batuk akibat asma dan gejala bronkiolitis.

Setiap batuk tersebut memiliki penyebabnya masing-masing, sehingga sebagai orang tua Anda harus paham akan hal ini. Lantas, apa saja penyebab batuk pada si Kecil yang perlu diwaspadai? Berikut 5 di antaranya!

Infeksi Virus

Batuk berdahak yang paling umum terjadi biasanya diikuti oleh keluarnya dahak. Kondisi ini pun biasanya dipicu oleh infeksi virus dan bakteri yang terdapat pada saluran pernapasan sehingga produksi lendir terjadi berlebih dari biasanya.

Polusi Udara

Siapa sangka bahwa polusi udara dapat memicu munculnya gangguan kesehatan ini? Jika udara kotor ini dihirup setiap hari, maka bisa jadi penyebab batuk yang tak kunjung sembuh dan akan memicu terjadinya bronkiolitis.

Iritasi Batang Tenggorokan

Adanya iritasi dan pembengkakan di saluran udara ke paru-paru biasanya berakhir pada batuk croup. Pembengkakan di saluran pernapasan ini pun mengakibatkan penyempitan saluran pernapasan. Tidak jarang keadaan ini juga menjadi salah satu penyebab batuk pada bayi.

Masalah Lambung

Naiknya cairan lambung kembali ke tenggorokan biasanya juga mampu memicu batuk pada anak. Namun, untuk menentukan apakah batuk tersebut disebabkan oleh hal ini, Anda tetap memerlukan diagnosis dokter, ya.

Menghirup Benda Asing

Bagi anak dengan usia 2-4 tahun, menghirup benda asing yang bersumber dari mainan atau makanan merupakan hal yang umum terjadi. Jika sudah begini, tidak jarang batuk akan menghampiri. Apabila dibiarkan terus menerus, maka batuk pun bisa berlangsung lama dan kondisi ini perlu diwaspadai.

Demikian tadi beberapa informasi terkait penyebab batuk pada anak yang sebaiknya diketahui. Selain mengetahui berbagai penyebab tersebut, Anda juga perlu menyiapkan perlindungan berupa asuransi ketika gangguan kesehatan ini terjadi.

Salah satu asuransi yang bisa Anda pilih yakni PRUMy Child yang merupakan produk inovatif pertama di Indonesia yang menyediakan perlindungan jiwa terkait investasi untuk anak Anda, sejak sebelum ia dilahirkan.

Produk asuransi dari Prudential ini memberikan perlindungan yang komprehensif mulai saat anak masih dalam kandungan, dilahirkan, hingga ia dewasa kelak. Perlindungan tersebut mulai dari perlindungan kesehatan, finansial, hingga pendidikan.

Back to Top