4 Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri yang Perlu Diketahui, Apa Saja

Asuransi Kecelakaan Diri mungkin terdengar asing bagi Anda. Kehadirannya seperti kalah pamor di antara produk asuransi lain. Namun manfaat asuransi akan sangat berarti bagi Anda yang mempunyai risiko tinggi.

Asuransi Kecelakaan atau Asuransi KecelakaanAsuransi Kecelakaan Diri merupakan asuransi yang memberikan perlindungan kepada Nasabah terhadap risiko yang dialaminya, yaitu kematian, catat total, dan biaya pengobatan karena kecelakaan.

Pada dasarnya, Asuransi Kecelakaan diperuntukkan kepada siapa saja. Terlebih bagi Anda yang memiliki pekerjaan berisiko tinggi. Karena Anda akan menerima manfaat sesuai kebutuhan.

Manfaat Perlindungan

Manfaat Asuransi Kecelakaan kepada Nasabah adalah memberikan perlindungan apabila terjadi kecelakaan kerja dan kematian. Jika terjadi hal buruk di luar pekerjaan tidak akan ditanggung pihak asuransi. Berbeda dengan perlindungan Asuransi Jiwa, perusahaan asuransi akan memberikan manfaat jika hal buruk terjadi pada Nasabah.

Di Indonesia, manfaat Asuransi Kecelakaan biasanya melekat pada produk Asuransi Jiwa. Jika Anda menginginkan Asuransi Kecelakaan Diri, pilih Asuransi Jiwa yang memberikan perlindungan kerja. Dengan demikian, Anda memperoleh perlindungan ganda.

Perlindungan ganda telah diterapkan oleh PRULink Assurance Account atau PRUSafe Guard. Produk milik Prudential Indonesia ini adalah Asuransi Jiwa terkait investasi dengan pembayaran premi secara berkala. Produk memberikan fleksibilitas untuk mengubah jumlah pertanggungan dan investasi sewaktu-waktu, plus menambahkan Asuransi Tambahan atau Riders (kecelakaan, rawat inap, kondisi kritis) sesuai kebutuhan Nasabah. Sehingga manfaat perlindungan Asuransi Jiwa, kecelakaan, dan investasi dapat saling melengkapi.

Risiko

Tentu setiap pekerjaan memiliki risiko masing-masing. Risiko yang dimaksud di Asuransi Kecelakaan Diri adalah pekerjaan yang bersinggungan langsung terhadap hal berisiko tinggi atau berbahaya, seperti memasang camera trap di hutan Sumatera, meneliti keanekaragaman hayati di kedalaman laut, bekerja di area konstruksi dan pertambangan, bekerja di lepas pantai (offshore), teknisi listrik, dan masih banyak lagi pekerjaan berisiko tinggi.

Memang, terkadang ada Nasabah yang tidak merasa pekerjaannya berisiko tinggi. Untuk meyakinkan Anda, coba ajukan pertanyaan ke diri sendiri. Anda tulang punggung keluarga atau pencari nafkah utama di rumah? Apa tugas pekerjaan Anda? Pekerjaan Anda salah satu yang disebutkan di atas? Jika ya, ada baiknya melindungi diri sendiri dan keluarga dengan asuransi.

Masa Perlindungan

Asuransi Jiwa memiliki masa perlindungan lebih lama dibanding Asuransi Kecelakaan. Tetapi Asuransi Jiwa yang fokus terhadap risiko kerja memberikan masa perlindungan 15-20 tahun saja. Masa perlindungan akan mempengaruhi Premi dan Uang Pertanggungan (UP).

Evakuasi

Evakuasi adalah manfaat penting dari Asuransi Kecelakaan. Sekadar contoh, Anda mengalami kecelakaan kerja di pedalaman hutan atau offshore, dokter di sekitar lokasi tidak dapat menangani karena tidak memiliki fasilitas kesehatan memadai.

Itu artinya Anda membutuhkan evakuasi. Anda akan dievakuasi menggunakan pesawat menuju rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang layak. Selain evakuasi, ada juga repatriasi, yaitu fasilitas pemulangan Nasabah ke rumah untuk mendapatkan perawatan. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun jika mampu, tak ada salahnya mengambil fasilitas evakuasi dan repatriasi.

Melindungi diri sendiri itu penting. Sepenting mencari informasi tentang Asuransi KecelakaanAsuransi Kecelakaan Diri yang tepat. Agar Anda dan keluarga benar-benar menerima manfaat.

Back to Top