5 Cara Mudah Mengatur Keuangan dengan Gaji Kecil

Kebutuhan sehari-hari memang cukup banyak, mulai dari kebutuhan pokok, transportasi, dan kebutuhan mendesak lainnya. Selain itu, hal ini juga diiringi dengan harga yang terus menerus meningkat, sehingga sering membuat Anda merasa gaji kecil tidak mampu menutupi hal tersebut.

Pada dasarnya hal ini bisa diatasi dengan baik dengan cara mengatur keuangan secara benar. Hal itu cukup mudah dilakukan jika Anda sudah mendapatkan tips yang tepat. Namun, untuk mencapainya dengan baik Anda perlu melakukannya secara disiplin.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat mengatur keuangan dengan gaji kecil? Anda bisa melakukan 5 cara mudahnya seperti berikut ini.

Mengurangi Jatah Makan di Luar

Memasak makanan sendiri memang dapat menimbulkan kebosanan sehingga, Anda lebih memilih untuk membeli makan di luar. Hal ini baik untuk dilakukan, namun jika terlalu sering dapat menghabiskan tabungan Anda dengan cepat. Jadi, sebaiknya lakukan hal tersebut hanya untuk merayakan acara-acara khusus saja, ya.

Membawa Uang Tunai Secukupnya

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil dapat dilakukan juga dengan membawa uang tunai secukupnya. Tips ini dipilih agar Anda tidak terlalu sering berbelanja. Perhitungkan dengan baik untuk membawa uang tunai dalam memenuhi kebutuhan seperti makan, transportasi dan untuk kebutuhan darurat.

Manfaatkan Promo yang sedang Berlangsung

Saat ini berbagai gerai makanan sering memberikan promo-promo menarik yang bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara mengatur keuangan. Kupon diskon tersebut dapat membantu Anda menghemat pengeluaran karena umumnya harga yang ditawarkan bisa mencapai 50% lebih murah dari aslinya.

Selain itu, beberapa jenis supermarket juga sering memberi potongan harga pada produk tertentu. Jadi, Anda perlu secara cermat memilih sebelum membelinya.

Menggunakan Transportasi Umum

Penggunaan kendaraan pribadi akan membuat Anda menjadi lebih boros. Oleh sebab itu, cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil bisa dilakukan dengan memanfaatkan transportasi umum seperti Bus Transjakarta, Commuter Line, atau pun MRT. Tarif yang ditetapkan oleh pemerintah cukup murah sehingga, Anda bisa lebih banyak menabung.

Menyisihkan Tabungan Setelah Gajian

Hal yang cukup sulit dilakukan dalam cara mengatur keuangan yaitu menabung. Kebutuhan yang cukup banyak seringkali membuat Anda kesulitan melakukan hal tersebut. Jadi, sebaiknya setelah gajian segera sisihkan pendapatan Anda untuk ditabung.

Agar tabungan Anda dapat bermanfaat dan bisa menghasilkan keuntungan, mulailah melakukan investasi menggunakan dana tersebut. Anda bisa mencoba produk-produk investasi sekaligus asuransi yang ditawarkan oleh Prudential, tentu saja dengan risiko kegagalan yang cukup kecil.  

Prudential sendiri menyediakan beberapa produk investasi Konvensional berupa PRULink Generasi Baru, PRULink Assurance Account, PRULink Capital Account, dan PRULink Investor Account. Sedangkan untuk Anda yang memeluk agama Islam juga telah tersedia produk Investasi Syariah yang sudah disesuaikan dengan ajaran umat muslim seperti pada produk PRULink Syariah Assurance Account, PRULink Syariah Investor Account, dan PRULink Syariah Generasi Baru.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatur keuangan. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk investasi lainnya, tips perencanaan keuangan, tips mengatur keuangan dengan pendapatan kecil, hingga asuransi yang Anda butuhkan cukup dengan mengunjungi langsung website resmi Prudential. Semoga artikel ini dapat memberikan solusi terbaik untuk Anda dalam mengatur keuangan.

Back to Top