6 Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Harus Anda Ketahui Agar Tidak Boros

Apakah Anda salah satu orang yang sering kehilangan kendali diri saat melihat barang-barang unik, menarik, bagus, dan diskon? Hal ini memang cukup sering mempengaruhi pikiran seseorang sehingga membuatnya membeli barang walaupun tidak dibutuhkan.

Tentu saja hal ini merupakan pemborosan dan sebaiknya segera dihentikan secepatnya agar tidak merugikan diri sendiri. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros? 6 cara berikut ini akan membantu Anda terhindar dari kebiasaan buruk.

Membuat Daftar Belanja Bulanan

Setiap orang mempunyai berbagai kebutuhan pribadi yang berbeda-beda setiap bulannya. Agar Anda tidak menjadi boros, sebaiknya lakukan cara mengatur keuangan pribadi dengan membuat daftar belanja bulanan untuk kebutuhan pokok.

Dengan menggunakan teknik ini, tentunya akan membuat Anda terhindar dari pemborosan akibat membeli barang yang tidak dibutuhkan. Hal seperti ini memang sering terjadi pada hampir sebagian besar orang, khususnya setelah gajian. 

Membatasi Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit memang sangat membantu keuangan Anda karena barang yang sudah dibeli bisa dicicil pembayarannya menjadi 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Selain itu, ada banyak program diskon yang diberikan dengan sistem pembayaran non tunai ini.

Namun, hal ini perlu diwaspadai karena tanpa sadar Anda sudah memiliki hutang yang menumpuk dan harus dibayar setiap bulannya. Agar tidak melebihi kapasitas Anda untuk membayarnya, segeralah batasi penggunaan kartu kredit setiap bulannya.

Mengalokasikan Dana untuk Berbagai Kebutuhan

Cara mengatur keuangan pribadi yang baik selanjutnya dengan mengalokasikan dana untuk beberapa kebutuhan Anda. Mulai dari uang untuk kebutuhan pokok, hiburan, dana darurat, hingga tabungan. Hal ini penting dilakukan agar Anda tidak kehabisan uang di akhir bulan ya.

Membuat Perencanaan Keuangan

Kebiasaan boros memang cukup sulit diubah jika Anda tidak disiplin untuk berubah. Oleh karena itu, membuat perencanaan keuangan memang penting dilakukan agar mempermudah Anda dalam mengatur keuangan pribadi.

Buatlah sebuah target di masa depan yang ingin Anda capai seperti liburan bersama keluarga atau teman, membeli barang elektronik atau membeli sebuah rumah. Hal ini akan lebih mudah memotivasi diri Anda agar tidak boros.

Mencatat Pengeluaran Setiap Hari

Cara mengatur keuangan pribadi yang baik juga bisa dilakukan dengan mencatat pengeluaran Anda setiap harinya. Metode ini efektif dilakukan untuk mengontrol keuangan karena pada akhir bulan Anda dapat melakukan evaluasi. Kurangilah kegiatan yang dapat memicu kebiasaan boros Anda kembali, seperti menonton film di bioskop dapat dikurangi dengan menonton di rumah saja.

Mengelola Tabungan Melalui Investasi

Mencapai sebuah target memang dibutuhkan kerja keras, khususnya saat Anda ingin membeli sesuatu. Mengolah tabungan Anda dengan investasi dapat menjadi solusi yang tepat. Namun, Anda perlu memilih tempat berinvestasi yang terpercaya seperti Prudential. Prudential sendiri menawarkan solusi investasi yang telah disusun secara terencana untuk Anda.

Bersama produk PRULink Generasi Baru, Anda bisa melakukan investasi sekaligus memberikan perlindungan jiwa dengan asuransi. Selain itu, Anda akan mendapat tambahan investasi 10% setiap pembayaran Premi dan Uang Pertanggungan diberikan 2 kali lebih besar.

Begitulah 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan pribadi agar tidak menjadi boros. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk Investasi lainnya, kiat perencanaan keuangan, hingga asuransi yang Anda butuhkan di website resmi Prudential. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Back to Top