Cara Cerdas Memilih Asuransi yang Tepat agar Tidak Salah Langkah

Asuransi Kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang banyak ditawarkan di Indonesia. Sayangnya, kesadaran untuk memiliki asuransi ini masih rendah dan menganggap bahwa Asuransi Kesehatan bukan hal yang wajib dimiliki. Padahal ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya asuransi jenis ini.

Yang perlu diketahui hanyalah cara memilih Asuransi Kesehatan yang tepat agar tidak rugi dan salah langkah. Bagaimana caranya? Berikut beberapa di antaranya yang perlu diperhatikan!

Ketahui Kebutuhan

Hal pertama yang harus diketahui sebelum memilih asuransi yaitu mengetahui kebutuhan terlebih dahulu. Langkah ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan Asuransi Kesehatan yang sesuai dengan keperluan sehingga manfaatnya pun bisa dirasakan dengan maksimal.

Beberapa perusahaan asuransi saat ini hanya menawarkan pilihan perlindungan untuk satu orang. Padahal ada baiknya jika asuransi ini menanggung seluruh anggota keluarga sehingga Anda hanya butuh satu polis Asuransi Kesehatan untuk semua anggota keluarga. Biaya yang harus dikeluarkan pun jadi lebih ringan.

Paham dengan Sistem Asuransi

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memahami sistem asuransi yang berlaku saat ini. Secara umum, ada dua sistem klaim asuransi saat berobat, yaitu non tunai atau cashless dan reimbursement. Non tunai membuat Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya perawatan karena semuanya telah ditanggung oleh asuransi sehingga Anda hanya cukup memperlihatkan kartu Asuransi Kesehatan.

Sementara sistem reimbursement mewajibkan Anda membayar seluruh biaya pengobatan dengan uang pribadi. Setelah itu, Anda dapat mengajukan klaim penggantian uang kepada pihak asuransi dengan mengisi formulir reimbursement terlebih dahulu.

Kedua sistem ini mempunyai aturan dan kebijakannya masing-masing sehingga Anda pun wajib paham mengenai hal ini.

Sesuaikan Biaya Premi

Cara lain memilih Asuransi Kesehatan yang tepat adalah menyesuaikan biaya Premi yang ditawarkan dengan kemampuan finansial yang Anda. Hindari memilih Premi yang tidak sesuai dengan anggaran karena kondisi ini bisa menyebabkan kondisi keuangan Anda mengalami pembengkakan.

Diketahui pula bahwa biaya Premi yang dibayarkan tersebut menutupi seluruh biaya perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan, biaya obat, operasi, dan semua biaya yang dibutuhkan. Semakin banyak biaya yang ditanggung, maka akan semakin menguntungkan. Yang jelas, pastikan biaya Premi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Ketahui Daftar Rumah Sakit

Salah satu indikator Asuransi Kesehatan yang baik yakni banyaknya rumah sakit yang diajak bekerja sama. Banyaknya rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi akan membuat Anda lebih mudah dalam mendapatkan perawatan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Maka dari itu, daftar rumah sakit ini wajib Anda ketahui sebelum menjatuhkan pilihan.

Bandingkan Asuransi Kesehatan yang Ada

Jumlah perusahaan asuransi saat ini hampir tidak terbilang lagi angkanya sehingga ada banyak pilihan bagi Anda. Meski begitu, Anda tetap patut membandingkan Asuransi Kesehatan yang ditawarkan sehingga bisa mendapatkan asuransi dengan beragam manfaat yang dibutuhkan.

Kredibilitas perusahaan pun patut diperhitungkan saat memilih asuransi. Hal ini untuk menghindari kerugian yang bisa saja muncul di kemudian hari. Salah satu Asuransi Kesehatan yang dapat Anda pertimbangkan yakni Asuransi Kesehatan dari Prudential sebagai perlindungan kesehatan secara menyeluruh untuk Anda dan keluarga.

Beberapa Asuransi Kesehatan terbaik dari Prudential yakni antara lain PRUPrime Healthcare Plus, PRUPrime Healthcare Plus Syariah, PRUCritical Hospital Cover, PRUHospital & Surgical Cover Plus, PRUMed Cover, PRUPrime Healthcare, dan PRUMed Cover Syariah.

Pahami terlebih dahulu setiap produk yang ditawarkan sebelum memilih sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Back to Top