Cara Melakukan Perencanaan Keuangan untuk Pasangan Baru

Bagi pasangan yang baru saja menikah, masalah keuangan memang menjadi topik penting untuk dibahas. Mulai dari menyusun rencana keuangan masa depan bersama, hingga masa depan untuk anak-anak. Tentu saja hal ini tidak bisa dengan mudah dilakukan begitu saja.

Terdapat banyak hal yang harus dipertimbangkan agar dapat mencapai keputusan akhir. Berbagai masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga komunikasi baik antara pasangan. Hal ini perlu secepatnya mendapatkan solusi sebelum Anda memiliki anak.

Lalu, bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan dengan tepat? Berikut ini ada cara yang bisa Anda lakukan.

Menentukan Tujuan Keuangan untuk Jangka Panjang

Sebagai pasangan baru, perencanaan keuangan keluarga perlu ditentukan sejak dini. Mulai dari tujuan utamanya seperti melunasi cicilan, masa depan anak, pendidikan si kecil, memenuhi kebutuhan orang tua, dan sebagainya.

Pastikan Anda dan pasangan sudah menentukan dengan pasti semua tujuan tersebut sehingga dapat mengambil komitmen bersama untuk mulai menabung sebelum memiliki anak. Walaupun ada hutang yang harus dilunasi, jangan sampai melupakan tugas Anda untuk menyiapkan masa depan anak ya. 

Mempersiapkan Dana Darurat

Perencanaan keuangan keluarga juga diperlukan untuk mempersiapkan dana darurat. Hal ini bertujuan untuk membantu keuangan Anda saat menghadapi hal-hal tidak terduga yang memerlukan dana cukup besar. Jadi, jangan melupakan bagian ini untuk dipersiapkan.

Menentukan Anggaran yang Tepat untuk Investasi

Setelah menyisihkan uang untuk beberapa tabungan tertentu, Anda perlu mulai mengolahnya ke dalam bentuk investasi agar dapat menghasilkan dana yang lebih besar setelah 10 tahun menabung. Menggunakan cara ini dapat membuat Anda menjadi lebih cepat mencapai target yang diinginkan dengan memanfaatkan bunga hasil investasi.

Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Dana pensiun di dalam perencanaan keuangan asuransi juga menjadi hal yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Walaupun Anda merupakan pasangan baru dan masih berusia muda, hal ini perlu dilakukan secepatnya.

Kebutuhan terhadap dana pensiun memang merupakan finansial jangka panjang. Hal ini berguna untuk menutupi kebutuhan Anda dan pasangan saat sudah tidak bekerja lagi atau tidak memiliki penghasilan. Dari dana tersebut, Anda masih bisa menggunakannya sebagai modal untuk memulai suatu usaha baru.

Nah, semua hal tersebut jika sudah didiskusikan bersama dengan pasangan, Anda bisa mulai melakukan perhitungan dengan memanfaatkan kalkulator perencanaan keuangan dari Prudential. Anda cukup mengunjungi situs website resminya di sini lalu, isi semua data yang diperlukan dan kalkulator akan memprediksi berapa banyak yang perlu disisihkan setiap bulannya.

Prudential telah siap melayani Anda dengan berbagai produk yang dimilikinya. Baik secara konvensional maupun Syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Cukup sesuaikan kebutuhan yang ada dengan kemampuan Anda untuk membayar setiap preminya, karena tersedia juga produk investasi yang sudah memiliki asuransi di dalamnya. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk asuransi dari Prudential dengan mengunjungi situs resminya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang baru saja menjadi pasangan suami istri untuk mengelola perencanaan keuangan keluarga dengan baik. Jangan ragu untuk memilih Prudential sebagai partner Anda dalam mengelola keuangan karena sudah lebih dari 20 tahun dipercaya untuk melayani para Nasabah di Indonesia.

Back to Top