Ketahui Apa Itu Bancassurance di Indonesia?

Dunia asuransi semakin berwarna. Pasalnya, bancassurance tumbuh subur di antara sektor asuransi dan perbankan. Hal ini membuat Nasabah menghadapi banyak pilihan.

Bancassurance adalah layanan perbankan yang menyediakan produk asuransi untuk memenuhi kebutuhan finansial jangka panjang Nasabah. Layanan ini berfungsi memberikan perlindungan dan investasi.

Dilihat dari kerja sama, terdapat dua tipe bancassurance. Pertama, bancassurance hasil kolaborasi antara perusahaan asuransi dan bank, selanjutnya dipasarkan di bank. Kedua, perusahaan perbankan mendirikan perusahaan asuransi (bancassurance). Lalu produk asuransi tersebut dipasarkan melalui layanan bancassurance di bank. Karena bancassurance tersedia di bank, Nasabah mereka pun nasabah bank tersebut.

Pada dasarnya, produk asuransi melalui bancassurance dan perusahaan asuransi sama saja. Yaitu Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Unit Link, sampai Asuransi Syariah. Meski demikian, bancassurance memiliki keuntungan:

Pertama, bancassurance dapat berperan ganda. Selain asuransi, produk ini berperan sebagai tabungan, perencanaan keuangan, dan investasi.

Kedua, pilihan dana investasi beragam. Jika Nasabah menginginkan keuntungan tinggi, maka risikonya pun sepadan. Hal tersebut berlaku sebaliknya.

Ketiga, Nasabah dapat memantau pertumbuhan dana investasi setiap hari.

Keempat, Nasabah bebas menambah atau menarik tabungan sewaktu-waktu (fasilitas bank). Namun manfaat perlindungan tidak terpengaruh.

Kelima, Nasabah dapat memilih jumlah perlindungan jiwa sesuai kebutuhan. Meskipun Nasabah sudah memiliki bancassurance, sewaktu-waktu dapat menambahkan perlindungan jiwa.

Keenam, memanjakan Nasabah. Mengingat bancassurance ada di setiap kantor cabang perbankan, jadi ketika nasabah datang ke bank, mereka bisa menemui petugas layanan. Nasabah dapat menggali informasi selengkapnya sebelum memilih jenis asuransi. Sehingga mereka tidak repot menemui agen atau menjawab telemarketing asuransi melalui telepon.

Sekadar tips untuk Anda yang ingin memiliki proteksi jiwa sekaligus investasi adalah:

  • Cari informasi Asuransi Jiwa pada laman perusahaan asuransi. Tanya pula petugas layanan bancassurance di bank. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, buka saja laman Bancassurance dari Prudential Indonesia. Di sini terdapat informasi lengkap mengenai Asuransi Jiwa dan layanan bancassurance Setidaknya ada enam mitra bank yang bekerja sama dengan Prudential Indonesia.
  • Bandingkan antara produk Asuransi Jiwa dan hitung preminya. Anda dapat membandingkan dengan sesama bancassurance atau bancassurance dan Asuransi Konvensional. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Jangan sampai asuransi memberatkan pengeluaran Anda dan keluarga.
  • Jika Anda sudah mengincar asuransi di bancassurance, jangan langsung transaksi. Baca ulasan dari Nasabah lain atau tanyakan pengalaman kerabat dekat mengenai asuransi incaran Anda.
  • Cek status produk bancassurance pilihan Anda. Perusahaan harus terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagai pengawas dan pengatur pada sektor keuangan.

Pada akhirnya, Anda sebagai Nasabah memiliki kebebasan dalam berasuransi. Karena Anda dan keluarga layak mendapatkan perlindungan jiwa sekaligus keuangan yang aman. Pastikan perusahaan asuransi memenuhi kebutuhan Anda.

Back to Top