Keuntungan Memiliki Asuransi Kecelakaan Kerja, Apa Saja?

Bagi para pekerja khususnya yang bekerja dalam bidang dengan risiko tinggi seperti manufaktur dan lapangan, selain perlu memiliki Asuransi Kesehatan dan Jiwa, sebaiknya lengkapi diri dengan membeli Asuransi Kecelakaan Kerja agar bekerja menjadi lebih terasa aman.

Sayangnya masih banyak orang yang berpikir jika Asuransi Kecelakaan Kerja termasuk produk yang sama dengan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa. Padahal Asuransi Kecelakaan Kerja berbeda dengan dua asuransi tersebut.

Asuransi Kecelakaan Kerja adalah sebuah produk asuransi yang dibuat untuk menjamin risiko apabila tertanggung mengalami cedera badan yang disebabkan oleh kecelakaan saat melakukan pekerjaannya yang terjadi secara mendadak.

Memberi Rasa Aman dari Segi Finansial Bagi Tertanggung dan Keluarganya

Seperti yang telah diketahui bersama, jika musibah kecelakaan bisa datang kapan saja dan tidak ada yang tahu. Kondisi ini juga memungkinkan Anda untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, sehingga risiko yang terjadi  bisa mengganggu urusan keuangan keluarga.

Dengan adanya Asuransi Kecelakaan Kerja memberikan rasa aman, nyaman, dan terlindungi baik bagi pekerja maupun keluarganya. Selain itu, memiliki Asuransi Kecelakaan Kerja berpengaruh juga pada produktivitas kerja seseorang. Biasanya Asuransi Kecelakaan Kerja bisa meng-cover menyeluruh mulai dari kecelakaan ringan sampai serius bahkan yang menyebabkan  tertanggung meninggal dunia.

Jika penghasilan dari tertanggung yang mengalami musibah terhenti misalnya akibat dari meninggal dunia, pihak asuransi akan memberikan santunan bulanan dalam waktu tertentu sesuai dengan yang tertera dalam Polis.

Ada juga skema lain dari Asuransi Kecelakaan Kerja misalnya dalam bentuk Uang Pertanggungan (UP) yang memiliki jumlah yang juga besar. Adanya UP ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi modal usaha demi menafkahi kehidupan keluarga yang ditinggalkan tertanggung.

Biaya Pengobatan Jadi Lebih Ringan

Salah satu keuntungan dari memakai Asuransi Kecelakaan Kerja adalah membantu biaya pengobatan. Apalagi kebanyakan kasus kecelakaan diri, menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Memiliki Asuransi Kecelakaan Kerja akan membuat Anda tidak perlu bingung mencari dana demi melunasi segala biaya pengobatan yang dilakukan.

Risiko terjadinya kecelakaan kerja bisa diminimalisir dengan bekerja sesuai standar keamanan perusahaan. Namun, memiliki proteksi seperti Asuransi Kecelakaan Diri juga menjadi langkah penting untuk dilakukan supaya tidak mengalami risiko keuangan yang besar.

Membantu Mengatur Uang Agar Lebih Teratur

Dengan mendaftarkan diri mengikuti Asuransi Kecelakaan Kerja secara tidak langsung menumbuhkan kebiasaan baik untuk Anda mengelola keuangan. Dengan Anda diharuskan membayar Premi tiap bulan membuat Anda harus menyisihkan sebagian dana untuk membayar asuransi. Cara ini juga membantu Anda mengatur keuangan untuk setiap pos dana dengan baik.

Apa Saja Risiko yang Biasanya Ditanggung oleh Perusahaan Asuransi?

  1. Cacat badan yang disebabkan dari peristiwa yang terjadi akibat kecelakaan saat melaksanakan pekerjaan.
  2. Cedera yang membuat pemilik Polis mengalami penurunan kemampuan untuk beraktivitas dan memerlukan perawatan medis.
  3. Sequela, yaitu kondisi di mana pemilik Polis kehilangan salah satu anggota tubuhnya atau mengalami gangguan fungsi anggota tubuh secara permanen yang disebabkan cedera setelah kecelakaan
  4. Meninggal dunia yang disebabkan karena mengalami kecelakaan kerja.

Salah satu hal yang menentukan premi Asuransi Kecelakaan Kerja adalah faktor usia dan pekerjaan yang Anda lakukan. Semakin bertambah usia Anda, maka risikonya lebih besar. Bukan hanya itu risiko kecelakaan kerja semakin tinggi, maka akan semakin tinggi jumlah Premi yang dibayarkan.

Salah satu produk Asuransi Kecelakaan Kerja yang bisa Anda pilih, yakni PRUCorporate Personal Accident yang merupakan produk Asuransi Kecelakaan Kerja Prudential Indonesia bagi Nasabah korporasi. Premi yang Anda bayarkan tiap bulan akan berperan memberikan manfaat perlindungan (proteksi) manfaat meninggal karena kecelakaan.

Selain itu, PRUCorporate Personal Accident memberikan 2 manfaat Asuransi tambahan yang bisa dipilih oleh Pemegang Polis, yakni manfaat cacat tetap akibat kecelakaan akselerasi dan manfaat penggantian biaya medis akibat kecelakaan.

Back to Top