Manfaat Medical Check Up Karyawan yang Perlu Diketahui

Sebagian besar perusahaan memberikan Asuransi Kesehatan bagi karyawannya. Setiap karyawan pun memiliki hak untuk menggunakan fasilitas kesehatan yang memang sudah diberikan oleh perusahaan. Beberapa fasilitas atau layanan kesehatan yang diberikan perusahaan melalui asuransi adalah rawat inap, rawat jalan, obat-obatan, hingga Medical Check Up (MCU).

Tahukah Anda bahwa Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengharuskan setiap perusahaan melakukan kegiatan MCU untuk para karyawannya minimal setahun sekali? Bagi yang tidak mengetahui apa itu MCU, Anda bisa simak info lengkapnya berikut ini:

Medical Check Up adalah layanan pemeriksaan kesehatan seseorang secara detail dan menyeluruh. Anda akan menjalani beberapa tes dan pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit dan gangguan kesehatan.

Namun, beberapa perusahaan masih belum menjalankan MCU dengan benar, padahal kegiatan memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat MCU yakni antara lain:

Deteksi Penyakit Lebih Awal

Salah satu manfaat kegiatan ini yaitu bisa menjadi tindakan deteksi penyakit lebih dini. Pasalnya, terdapat waktu bagi para dokter dan karyawan untuk melakukan tindakan pengobatan agar penyakit yang ada tidak berkembang.

Hal ini lebih baik dibandingkan jika Anda mengetahui penyakit yang serius saat penyakit tersebut sudah masuk dalam tahap serius dan memiliki risiko tingkat kesembuhan yang kecil. Lebih lanjut, MCU juga dapat memberikan informasi mengenai risiko penyakit yang akan mengancam kesehatan jika Anda tidak mengubah pola makan dan gaya hidup. Hasilnya, karyawan akan segera sadar dan mengetahui gaya hidup apa yang harus diubah.

Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Manfaat lain MCU bagi karyawan yaitu memberikan loyalitas bagi karyawan. Setiap karyawan ingin hal yang terbaik saat bekerja mulai dari gaji yang tinggi, benefits, hingga fasilitas kesehatan yang baik. Perusahaan yang memberikan fasilitas kesehatan yang lengkap seperti MCU tahunan akan membuat karyawan betah dan loyal. Pasalnya, harga perawatan kesehatan tergolong tidak murah.

Mencegah Biaya Medis Jangka Panjang

Biaya medis selalu naik setiap tahunnya dan biaya ini bahkan bertujuan untuk mengobati penyakit yang serius tentu dengan anggaran yang tidak sedikit. MCU sendiri bisa mencegah penyakit masuk ke dalam tahap yang lebih serius karena sudah bisa dideteksi sejak dini. Hal ini pun menjadi alasan mengapa cek kesehatan sangat penting dilakukan agar Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang.

Kinerja Perusahaan Dapat Lebih Optimal

Selain 3 manfaat MCU di atas, pengecekan kesehatan ini juga bisa meningkatkan kinerja perusahaan lebih optimal karena karyawan yang sehat dan bugar akan jauh lebih produktif dibandingkan karyawan yang sakit-sakitan. Karyawan yang memiliki kondisi prima juga akan memberikan keputusan dan pemikiran yang jauh lebih optimal. Hasilnya, perusahaan akan jauh lebih berkembang.

Nah, itu tadi 4 manfaat penggunaan layanan cek kesehatan bagi karyawan perusahaan. Selain mengedepankan pelayanan kesehatan yang prima, Anda juga perlu mencari Perusahaan Asuransi yang memiliki banyak fasilitas dan manfaat bagi karyawan.

Salah satu produk asuransi yang memiliki banyak fasilitas dan manfaat bagi para pekerja kantoran adalah PRUCorporate Medical. PRUCorporate Medical adalah produk perlindungan Asuransi Kesehatan kumpulan yang memberikan penggantian biaya medis untuk rawat inap dengan pilihan manfaat tambahan berupa persalinan, rawat jalan, perawatan gigi dan kacamata.

Back to Top