Pentingnya Belajar Pengelolaan Keuangan Sejak Kecil Demi Masa Depan

Banyak orang yang menganggap bahwa keuangan adalah hal yang rumit sehingga hanya orang yang sudah dewasa saja yang perlu mempelajarinya. Padahal kenyataannya, mengajarkan pengelolan keuangan sejak dini adalah hal yang sangat penting, loh! Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Mengajarkan anak menghargai uang

Pengelolaan keuangan yang dilakukan tentu termasuk mengajarkan anak sulitnya mencari uang. Anda bisa melakukannya dengan cara menunjukkan pada anak mengenai orang-orang yang ada di sekitarnya. Misalnya seperti orang yang berjualan dari pagi hingga malam demi mencari uang. Hal ini akan membuat anak lebih menghargai uang yang dimilikinya sehingga lebih bijak dalam menggunakannya.

  • Mempersiapkan keuangan anak di masa depan

Anak yang sudah terbiasa diajarkan pengelolaan keuangan pasti lebih mampu mempersiapkan keuangannya di masa mendatang. Anak akan lebih paham bahwa jika ia boros di saat ini, maka nantinya anak tidak lagi memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, anak yang sudah terbiasa mengelola keuangan akan tahu bahwa terkadang ada berbagai kebutuhan mendadak yang tidak direncanakan. Sehingga mereka akan lebih mempersiapkan segala sesuatu sejak dini, misalnya dengan menyisihkan uang yang dimiliki untuk ditabung.

  • Anak lebih bertanggung jawab

Mengajarkan anak pengelolaan uang bisa menjadi salah satu cara efektif untuk membuat anak lebih bertanggung jawab. Namun untuk bisa mencapainya, dibutuhkan peran penting Anda sebagai orangtua. Misalnya Anda bisa memberikan uang dengan nominal dan batas waktu tertentu. Biarkan anak mengelolanya sendiri dan jangan berikan tambahan jika uangnya habis sebelum waktunya. Hal ini akan membuat anak semakin bertanggung jawab untuk mengatur penggunaan uangnya. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda tetap mengawasi penggunaan uangnya khususnya jika anak selalu kekurangan uang.

Selain berbagai hal di atas, ada satu manfaat lagi yang bisa dirasakan anak jika belajar pengelolaan uang sejak dini, yaitu dapat menumbuhkan jiwa wirausahanya. Selain itu, berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh Financial Industry Regulatory Authority (FINRA) pada tahun 2015, anak yang sudah mempelajari pengelolaan keuangan sebelum kuliah memiliki kemungkinan besar untuk meraih kesuksesan keuangan saat dewasa nanti.

Kebiasaan bertanggung jawab atas uang dan mengelola keuangan dengan bijak bukanlah hal yang bisa didapatkan dalam waktu singkat. Ketika hal ini sudah dibiasakan sejak kecil, maka secara otomatis hal baik tersebut akan tertanam dalam diri anak hingga dewasa. Tentunya, hal yang dipelajari oleh anak mengenai keuangan tetap harus disesuaikan dengan usianya. Mulailah dulu dari hal yang dasar saat anak masih kecil dan kemudian tidak ada salahnya mulai perkenalkan anak dengan yang lebih rumit saat usianya bertambah. Misalnya dengan memperkenalkan anak dengan produk keuangan seperti asuransi unit link.

Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya mengajarkan anak pengelolaan keuangan sejak dini? Jadi jangan tunda lagi, mulai ajarkan anak hal penting ini sejak dini demi masa depannya.

Back to Top