Perempuan Juga Harus Paham Literasi Keuangan

Banyak orang yang menganggap bahwa perempuan memiliki kemampuan mengatur keuangan lebih baik daripada laki-laki, terutama untuk perempuan yang sudah menikah. Sebab merekalah yang akan mengatur keuangan agar penghasilan yang diterima bisa memenuhi seluruh kebutuhan keluarga. Namun kenyataannya, berdasarkan data survei yang dilakukan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), terungkap bahwa perempuan memiliki pemahaman lebih rendah terkait literasi keuangan dibandingkan dengan pria. Padahal memahami literasi keuangan bagi perempuan sangatlah penting.

Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Membuat perempuan lebih mandiri

Memahami literasi keuangan sejak dini akan membuat Anda lebih bisa mempersiapkan keuangan secara matang. Misalnya saat Anda belum menikah dan masih bekerja untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Pemahaman literasi keuangan akan membantu Anda dalam menyusun perencanaan keuangan yang tepat sehingga Anda bisa memenuhi seluruh kebutuhan Anda dalam kondisi apapun.

  • Melindungi masa depan keuangan keluarga

Bagi Anda yang sudah menikah, mungkin akan menggantungkan kebutuhan keuangan pada suami sebagai kepala keluarga. Lalu, bagaimana jika tiba-tiba suami Anda mengalami musibah dan tidak lagi mampu menafkahi keluarga? Tanpa memahami literasi keuangan, maka saat hal itu terjadi Anda pasti akan merasa bingung bagaimana mencukupi kebutuhan keluarga. Namun jika Anda sudah mempersiapkannya dengan perencanaan keuangan yang tepat, Anda tidak akan merasa bingung karena dana darurat telah tersedia.

  • Menjamin masa depan anak

Sebagai orangtua, Anda pastinya ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk masa depan anak. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan mempersiapkan dana pendidikan anak dengan cara yang tepat. Misalnya melalui tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan. Dengan begitu, pendidikan anak akan tetap terjamin meskipun terjadi sesuatu pada Anda ataupun suami.

  • Meningkatkan kesejahteraan di masa tua

Pemahaman literasi keuangan akan membuat Anda dan suami bisa tetap hidup sejahtera di masa tua. Misalnya dengan menyisihkan penghasilan suami dalam polis asuransi pensiun atau asuransi investasi. Hal ini akan membuat Anda tidak bergantung pada pemberian dari anak Anda ketika sudah memasuki usia tidak produktif.

Memahami literasi keuangan akan sangat membantu dalam mengatur keuangan saat ini dan merencanakan keuangan di masa depan. Baik untuk Anda sendiri maupun keluarga Anda, sehingga sangat penting bagi Anda yang belum ataupun sudah menikah.

Back to Top