4 Cara Mengelola Uang THR 2020 Agar Tidak Cepat Habis | Prudential Indonesia

4 Cara Mengelola Uang THR 2020 Agar Tidak Cepat Habis

Kebanyakan orang telah mengantisipasi datangnya Tunjangan Hari Raya atau THR dari jauh-jauh hari. Bahkan, hal ini bisa jadi merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu dari momen lebaran tahun ini. Alhasil, sangatlah lazim jika Anda mulai merencanakan membeli berbagai hal menggunakan uang tersebut.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui juga bahwa THR perlu dipergunakan dengan bijak. Tanpa perencanaan matang, bisa jadi dana tunjangan yang telah diberikan malah cepat habis dan tidak dimanfaatkan secara baik.

Untuk itu, simak terlebih dahulu cara mengelola uang THR di tahun ini agar semakin bermanfaat!

Sisihkan untuk Kepentingan Hari Raya

Sebelum mulai berbelanja, usahakan Anda bisa memenuhi kepentingan Hari Raya menggunakan THR yang diterima. Beberapa hal yang bisa Anda masukkan ke daftar uang keluar antara lain membayar zakat dan sedekah, membeli kue lebaran, biaya mudik, serta membagikan uang lebaran kepada buah hati dan juga keponakan.

Hindari Belanja Baju Lebaran Berlebihan

Cara mengelola uang THR yang kedua adalah dengan membatasi pengeluaran saat lebaran, salah satunya Anda bisa mengurangi kebiasan belanja baju lebaran yang berlebihan. Ada baiknya Anda membeli sesuai kebutuhan, yaitu dengan hanya membeli baju busana muslim untuk kepentingan salat Idul Fitri serta beberapa baju untuk dipakai saat mengunjungi sanak saudara dan tidak lebih.

Gunakan untuk Membayar Pinjaman

Setelah segala kebutuhan hari raya sudah dipenuhi, Anda dapat menyisihkan sebagian dari sisa uang THR untuk melunasi pinjaman dana atau cicilan. Namun, utamakan pembayaran pinjaman dana yang memiliki jatuh tempo dalam waktu terdekat agar Anda terhindar dari denda.

Sisihkan untuk Tabungan dan Investasi

Cara mengelola uang THR selanjutnya adalah dengan menyisihkan untuk ditabung dan diinvestasikan. Ini merupakan kesempatan yang tepat untuk mulai memenuhi impian, seperti dana travelling, renovasi rumah, atau naik haji. Namun, jika memang belum punya rencana lain, Anda dapat menggunakannya sebagai dana darurat untuk berjaga-jaga.

Baca Juga: Berikan Contoh Menyimpan Uang pada Si Kecil dengan Lakukan 3 Cara Menabung di Rumah

Nah, itulah tadi beberapa cara mengelola uang THR. Kesimpulannya, menerima Tunjangan Hari Raya juga perlu dibarengi dengan sikap yang bijak dalam penggunaannya. Anda dapat melakukan ini dengan melakukan perencanaan yang matang, mengatur prioritas, serta menelaah kembali kebutuhan Anda. Dengan begitu, sisa uang THR dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti untuk ditabung.

Selanjutnya, Anda juga dapat menyisihkan THR untuk membeli produk Asuransi Jiwa, seperti PRUSafe Guard dari Prudential Indonesia. Selain merupakan tindakan yang bijak dan selaras dengan usaha menabung Anda, Anda akan semakin terlindungi dari risiko jiwa dan juga penyakit-penyakit yang mana keduanya dapat mengganggu keuangan keluarga.

Baca Juga: 5 Cara Menentukan Asuransi untuk Orang Tua Demi Perlindungan Mereka

Back to Top