5 Cara Menghemat Biaya Persalinan yang Perlu Diketahui Orang Tua Baru | Prudential Indonesia

5 Cara Menghemat Biaya Persalinan yang Perlu Diketahui Orang Tua Baru

Biaya persalinan baik normal atau caesar sama-sama memerlukan biaya tidak sedikit. Meskipun biaya persalinan normal tidak semahal caesar, namun tetaplah Anda harus mempersiapkan dana darurat seandainya proses melahirkan  tidak berjalan sesuai rencana. Biaya persalinan yang berlaku di setiap kota dan rumah sakit tidak sama. Lantas bagaimana cara menghemat biaya persalinan yang bisa dilakukan? Berikut informasinya!

Jangan Membeli Kebutuhan Anak Secara Berlebihan

Sebagian pasangan yang ingin menyambut kelahiran anak pertama terkadang cenderung membeli banyak sekali perlengkapan bayi. Padahal belum tentu barang yang dibeli benar-benar akan terpakai nantinya. Baiknya buatlah daftar keperluan barang bayi yang akan diperlukan dan jangan membeli barang karena alasan lucu saja. Ini penting dilakukan agar tidak berbelanja terlalu boros.

Memanfaatkan Fasilitas Asuransi Kantor atau BPJS Kesehatan

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan fasilitas asuransi kesehatan yang meng-cover biaya melahirkan. Inilah salah satu cara menghemat biaya persalinan yang bisa dilakukan. Bisa juga memanfaatkan fasilitas BPJS kesehatan. Baiknya sebelum melahirkan, cek terlebih dulu apa saja layanan yang disediakan oleh asuransi kantor atau BPJS Kesehatan terkait biaya melahirkan ini.

Baca juga: 5 Manfaat Asuransi Melahirkan dari Prudential yang Wajib Anda Ketahui

Jangan Berhutang

Cara menghemat biaya persalinan selanjutnya dengan menghindari hutang. Mengumpulkan uang jangan dilakukan mendekati bulan kelahiran. Mulailah menabung saat istri dinyatakan hamil. Jangan berhutang dalam bentuk apa pun, seperti meminjam uang dari bank, pemakaian kartu kredit, dan lainnya.

Mengecek Biaya Tempat Persalinan

Salah satu cara menghemat biaya persalinan sebelum melahirkan adalah dengan mengecek biaya melahirkan di tempat atau rumah sakit tujuan agar mengetahui berapa biaya yang diperlukan. Tanyakan secara rinci apa saja biaya persalinan yang diperlukan baik melahirkan secara normal maupun caesar, perawatan pasca persalinan, dan cek pilihan kamar.

Menentukan Prioritas

Tentukanlah prioritas dalam menyusun anggaran rumah tangga, kebutuhan bayi, dan persalinan. Mulailah untuk berhemat, misalnya biasanya Anda dan pasangan suka makan di restoran atau sering berbelanja pakaian demi mengikuti tren mode, baiknya mulai sekarang batasi kebiasaan-kebiasaan tersebut ya. Dengan begitu uang untuk tabungan persalinan bisa lebih banyak.

Itu dia cara menghemat biaya persalinan yang perlu diketahui orang tua baru. Selain mempersiapkan biaya persalinan, perlu juga membeli Asuransi Jiwa seperti PRUMy Child dari Prudential Indonesia. Ini merupakan produk untuk perlindungan jiwa yang berhubungan dengan investasi untuk Si Kecil, sejak sebelum ia lahir.

PRUMy Child mampu memberikan perlindungan menyeluruh sejak anak dalam kandungan, dilahirkan, sampai ia besar nanti. Perlindungan yang akan diberikan berupa pendidikan, kesehatan, dan finansial.

Beberapa manfaat yang akan dirasakan seperti pertanggungan jiwa untuk janin dan ibu selama mengandung, manfaat komplikasi yang terjadi pada ibu saat kehamilan, atau setelah persalinan. Usia wanita hamil yang masuk dalam pertanggungan 18–40 tahun (Ulang tahun berikutnya). Usia kehamilan: 20-32 minggu (Usia sebenarnya).

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat Sampai Hari Melahirkan Tiba

Back to Top