5 Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja yang Harus Anda Waspadai | Prudential Indonesia

5 Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja yang Harus Anda Waspadai

Kecelakaan kerja merupakan kejadian tidak terduga dan tidak dikehendaki yang bisa mengakibatkan sakit, luka, serta kerugian terhadap lingkungan dan manusia. Ada berbagai hal yang bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan kerja.

Dengan mengetahui penyebab tersebut, setiap pekerja bisa melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadi kecelakaan kerja. Apa saja faktor penyebab tersebut? Berikut 5 di antaranya yang perlu diwaspadai!

Perilaku Karyawan

Hal utama yang kerap menyebabkan masalah saat bekerja yakni perilaku manusia dalam hal ini adalah karyawan. Pasalnya, ada berbagai kekeliruan yang mungkin saja terjadi pada seseorang sehingga menuntut ketelitian dalam bekerja. Misalnya, karyawan yang kurang berhati-hati dan malah membahayakan dirinya sendiri saat bekerja, terlebih lagi untuk para pekerja lapangan.

Tidak Adanya Pelatihan Keselamatan

Selain itu, setiap karyawan wajib mendapatkan pelatihan keselamatan terlebih dahulu agar terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan. Hal ini pun menjadi tugas sebuah perusahaan untuk memberikan pelatihan.

Kondisi Lingkungan Kerja

Faktor penyebab kecelakaan kerja bisa bersumber dari suhu udara tempat kerja, lantai licin, serta kebisingan. Seluruh hal ini terkait dengan kondisi lingkungan kerja perusahan yang harus dibenahi.

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Kerja dari Prudential yang Bisa Dimanfaatkan

Bekerja Tanpa Peralatan Keselamatan

Beberapa jenis pekerjaan sering kali menggunakan peralatan khusus dalam bekerja. Alat-alat tersebut bertujuan untuk menjamin keselamatan para pekerjanya. Bekerja tanpa peralatan keselamatan pun dapat menimbulkan kecelakaan kerja.

Bahan Pekerjaan

Siapa sangka bahwa bahan-bahan berat dan berisiko bisa menjadi salah satu aspek kecelakaan kerja? Kondisi ini biasanya berlaku di industri manufaktur sehingga diperlukan aturan standar operasional agar karyawan bisa bekerja dengan aman.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai faktor penyebab kecelakaan kerja. Ada berbagai cara mencegah kecelakaan kerja tergantung dari jenis pekerjaannya. Namun, untuk mengurangi risiko yang terjadi, ada baiknya jika Anda menyiapkan perlindungan berupa PRUCorporate Personal Accident.

Produk asuransi Prudential ini merupakan Asuransi Kecelakaan Diri Kumpulan yang menawarkan perlindungan atas risiko meninggal dunia yang disebabkan oleh kecelakaan. Ada pula pilihan manfaat tambahan berupa cacat tetap akibat kecelakaan dan penggantian biaya medis akibat kecelakaan.

Baca juga: Mengapa Asuransi Jiwa dan Kesehatan adalah Investasi Seumur Hidup?

Jika PRUCorporate Personal Accident ini dimiliki, Anda pun dapat mewujudkan kemudahan dalam memberikan ketenangan dalam bekerja bagi Anda atau karyawan Anda dengan perlindungan kecelakaan diri. Menarik, kan?

Back to Top