5 Tips Melakukan Rencana Keuangan Jangka Pendek yang Perlu Anda Perhatikan

Biasanya, jika Anda ingin membeli sesuatu baik itu kendaraan hingga barang lainnya, tentu saja Anda akan menabung terlebih dahulu. Ternyata, untuk melakukan perencanaan keuangan pun memiliki beberapa caranya tersendiri. Perencanaan yang satu ini pun sering disebut juga sebagai strategi finansial, biasanya akan disusun dengan cara mempertahankan kondisi keuangan Anda, agar dapat mencapai targetnya.

Jika Anda ingin mencapai target finansial tertentu, ada baiknya Anda memperbaiki kualitas keuangan Anda dengan cara membuat rencana keuangan. Ada beberapa jenis rencana keuangan yang ada mulai rencana keuangan jangka pendek dan rencana keuangan jangka panjang. Yang membedakan antara rencana keuangan jangka pendek dengan rencana keuangan jangka panjang yaitu pada waktu target finansialnya.

Jika Anda ingin melakukan rencana keuangan jangka pendek, ada beberapa hal yang harus Anda jalankan agar tujuan Anda mudah tercapai. Beberapa tips melakukan rencana keuangan jangka pendek yang tepat yakni antara lain sebagai berikut:

Tentukan Tujuan Finansial

Tips rencana keuangan jangka pendek yang pertama adalah dengan cara menentukan tujuan finansial. Tentukan tujuan finansial Anda apakah Anda ingin membeli mobil, rumah, motor, atau kebutuhan lainnya. Dengan menentukan tujuan finansial yang jelas, Anda jadi bisa memperkirakan berapa banyak biaya yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan finansial tersebut.

Terlebih, setelah tujuannya jelas Anda jadi tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana keuangan jangka pendek.

Catat Aset dan Pengeluaran Anda

Rencana keuangan jangka pendek Anda akan sia-sia jika Anda tidak mengetahui mengenai aset dan pengeluaran wajib Anda. Aset adalah jumlah harta yang Anda punya dengan nilai tertentu dan pengeluaran meliputi pinjaman mobil, tagihan asuransi, pinjaman rumah, dan tagihan kartu kredit. Lebih lanjut, contoh aset adalah rekening tabungan, investasi, dan jumlah kendaraan yang Anda miliki.

Dengan mencatat aset dan pengeluaran Anda, akan menjadi lebih mudah mengatur keuangan Anda.

Diskusikan dengan Anggota Keluarga Lain

Tips rencana keuangan jangka pendek berikutnya adalah dengan cara mendiskusikan dengan anggota keluarga lain. jika Anda memiliki pasangan, ada baiknya Anda membicarakan dengan pasangan mengenai tujuan atau target finansial Anda. Jika pasangan tidak setuju dengan target finansial Anda, Anda bisa mulai membicarakannya dengan pasangan untuk mencari solusi bersama.

Mulai Berhemat

Salah satu cara untuk membuat target finansial Anda terpenuhi yakni dengan cara mulai berhemat. Anda bisa mulai menabung dengan cara mengubah gaya hidup Anda. Jika Anda sering pergi ke mall setiap akhir pekan sebanyak 4 kali dalam sebulan, maka jika Anda ingin berhemat, Anda bisa mengurangi intensitas Anda pergi ke mall dengan hanya 2 kali dalam sebulan. Lebih lanjut, jika Anda sehari bisa menghabiskan uang sekitar Rp40.000 untuk kopi per harinya, Anda bisa mulai mengganti dengan kopi yang lebih murah yaitu yang memiliki harga Rp20ribuan. Hasilnya, Anda akan dapat menabung lebih banyak.

Melakukan Investasi

Selain menabung, cara yang efektif untuk mencapai target finansial yaitu dengan cara melakukan investasi. Anda bisa memilih investasi yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Pasalnya, semakin tinggi keuntungannya maka semakin juga tinggi risikonya. Anda bisa memulai investasi dengan risiko yang kecil terlebih dahulu.

Itulah 5 tips melakukan rencana keuangan jangka pendek yang bisa Anda jadikan referensi. Pastikan Anda mulai berhemat agar target finansial jangka pendek Anda dapat terwujud di kemudian hari. Selain berhemat, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai target finansial jangka pendek Anda yakni dengan cara investasi.

Salah satu produk investasi terpercaya yang bisa Anda coba adalah PRULink Rupiah Fixed Income Fund dari Prudential. Produk Investasi ini dapat memberikan keuntungan hingga 15,2 persen dalam waktu satu tahun. Untuk info lebih lanjut mengenai produk PRULink Rupiah Fixed Income Fund, Anda bisa cek di sini.

Back to Top