5 Tips Memilih Asuransi yang Tepat Agar Anda Tidak Salah Langkah

Dengan kebutuhan hidup yang meningkat, Anda harus pintar-pintar mengelola uang agar semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik. Bila semua kebutuhan pokok sudah terpenuhi, Anda tidak ada salahnya memiliki proteksi seperti asuransi untuk membantu Anda mengatur keuangan dan demi masa depan.

Di pasaran sendiri ada banyak asuransi yang bisa dipilih, seperti kesehatan, jiwa, pendidikan, perjalanan, kecelakaan diri, hari tua, dan lain sebagainya. Meski jenisnya banyak, tapi dalam tips memilih asuransi yang tepat semuanya sama, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Memiliki Reputasi yang Baik

Tips memilih asuransi yang tepat pertama adalah melihat rekam jejak dan reputasi Perusahaan Asuransi. Hal ini penting karena biasanya Perusahaan Asuransi yang sudah berdiri lama dan memiliki reputasi baik sudah memiliki banyak pengalaman dan bisa meminimalisasi risiko kerugian. Anda bisa mencari tahu hal tersebut dari berbagai sumber seperti media elektronik maupun cetak. Bisa juga tanyakan pada keluarga atau kerabat yang pernah atau sedang memakai jasa Perusahaan Asuransi tersebut.

Pahami Sistem Asuransi

Dalam dunia asuransi terdapat dua sistem klaim asuransi yang berlaku selama ini. Ada sistem cashless (tanpa tunai) di mana dengan sistem ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya perawatan  karena sudah langsung ditanggung oleh pihak asuransi. Jadi, Anda hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan saja.

Lalu ada sistem reimburse, yakni mengharuskan Anda untuk mengurus dan membayar semua biaya yang diperlukan dalam pengobatan dengan menggunakan uang pribadi. Setelah pengobatan selesai, Anda harus mengajukan klaim penggantian uang kepada pihak asuransi.

Dua sistem ini pastilah memiliki aturan yang berbeda, makanya cermati dengan baik segala aturan yang berlaku yang tertera pada Polis. Selain itu, bukan hanya sistem klaim, pelajari semua manfaat produk yang dibeli dan cara klaimnya dengan jelas.

Memiliki Banyak Rekanan yang Berkualitas

Tips memilih asuransi yang tepat selanjutnya pastikan jika Perusahaan Asuransi tersebut memiliki banyak rekanan pusat kesehatan yang cukup baik. Dengan banyaknya rekanan yang tergabung, semakin memudahkan Anda untuk mendapatkan layanan kesehatan yang diperlukan.

Pertimbangkan Kebutuhan

Sebelum akhirnya benar-benar memilih asuransi, Anda perlu mempertimbangkan apa saja kebutuhan yang diperlukan. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menemukan asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan, sehingga manfaat yang bisa Anda rasakan bisa optimal.

Misalnya, sekarang sudah tersedia layanan asuransi yang bisa mengcover seluruh anggota keluarga. Jadi, Anda hanya memerlukan satu Polis asuransi untuk semua anggota keluarga dan biasanya biaya Premi yang dikenakan lebih ringan.

Sesuaikan Biaya Premi dengan Pendapatan yang Diperoleh

Salah satu tips memilih asuransi yang tepat, yakni dengan menyesuaikan Premi yang akan dibayarkan tiap bulan dengan pendapatan yang diperoleh tiap bulan. Telitilah dalam membaca isi yang ada di dalam Polis. Pastikan jangan sampai salah pilih Premi dan membuat anggaran keuangan menjadi melebihi yang seharusnya.

Selain itu, cek biaya Premi yang dikenakan tiap bulan apakah sudah mencakup seluruh biaya kesehatan yang diperlukan, seperti biaya rumah sakit, obat, operasi, perawatan inap/jalan, dan hal lainnya untuk Asuransi Kesehatan. Sementara untuk asuransi lainnya perhatikan biaya-biaya lain yang di-cover oleh perusahaan.

Salah satu Perusahaan Asuransi yang bisa Anda pilih adalah Prudential Indonesia. Perusahaan Asuransi ini memiliki banyak produk yang bisa Anda pilih, meliputi Asuransi Kesesatan (PRUPrime Healthcare Plus, PRUPrime Healthcare Plus Syariah, PRUCritical Hospital Cover, PRUHospital and Surgical Cover Plus, dan masih banyak lagi), Asuransi Pendidikan (PRULink Edu Protection dan PRULink Syariah Edu Protection), Asuransi Jiwa sekaligus investasi  (PRULink Assurance Account, PRULink Syariah Assurance Account, PRULink Capital Account, PRULink Investor Account, dan PRULink Syariah Investor Account).

 

Untuk melihat asuransi lainnya yang dimiliki oleh Prudential, silakan kunjungi informasi lengkapnya di sini.

Back to Top