6 Langkah yang Perlu Anda Lakukan Jika Ingin Memulai Bisnis Coffee Shop

Selama ini kopi hanya dapat dinikmati oleh orang dewasa saja. Seiring perkembangan tren yang ada, saat ini Anda dapat melihat dengan mudah para kawula muda menikmati minuman ini setiap waktu, khususnya pagi dan sore hari sambil berkumpul bersama teman.

Kebiasaan tersebut membuat para pebisnis muda mulai menggali bidang ini untuk dijadikan bisnis. Melalui bisnis minuman kopi, semakin banyak biji kopi asli Indonesia yang diperkenalkan dan disebarkan ke seluruh Indonesia bahkan hingga mendunia.

Lantas, bagaimana cara agar Anda dapat memulai bisnis yang menjanjikan ini? Berikut 6 langkah yang perlu dilakukan jika ingin membuka coffee shop.

  1. Menyiapkan Modal Usaha yang Dibutuhkan

Untuk memulai sebuah bisnis coffee shop, sebenarnya Anda hanya perlu memiliki biji kopi. Sayangnya, konsumen perlu dibuat senyaman mungkin agar bisa menjadi pelanggan tetap dan bisnis bisa terus berjalan. Maka dari itu, Anda pun perlu menyiapkan modal usaha untuk mendapatkan lokasi yang strategis serta berbagai kebutuhan lainnya. 

  1. Menentukan Target Konsumen

Dalam menjalankan bisnis coffee shop pada awal usaha, pastikan Anda telah memilih target konsumen yang tepat. Ada baiknya jika Anda melakukan penelitian langsung ke lapangan agar dapat memastikan strategi yang tepat.

Pastikan Anda mempelajari gaya hidup, kebiasaan, umur, pekerjaan, hingga kesukaan mereka terhadap minuman kopi yang dipilih.

1. Menemukan Supplier Biji Kopi Berkualitas

Usaha coffee shop yang baru dimulai perlu didukung oleh biji kopi berkualitas. Selain itu, pastikan Anda menemukan supplier biji kopi yang tepat dengan kualitas terbaik untuk para konsumen. Hal ini dapat dipastikan dengan melakukan tes di lapangan langsung terhadap para calon konsumen yang beragam.

2. Mempersiapkan Konsep Bisnis yang Matang

Supaya usaha Anda dapat bertahan untuk waktu yang lama, maka diperlukan konsep bisnis yang matang. Mulailah dengan melakukan desain coffee shop dari logo hingga kemasan yang akan ditampilkan ke publik. Anda dapat memilih berbagai konsep menarik dengan menyesuaikan pilihan menu yang tersedia.

3. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis untuk Dikunjungi

Tips usaha coffee shop selanjutnya yakni dengan memilih lokasi yang strategis sehingga mudah dikunjungi oleh konsumen. Jika Anda mengangkat konsep sederhana, sebaiknya pilihlah lokasi yang ramai dan mudah diakses oleh para pengunjung. Namun, jika ingin konsep kafe yang berbeda, maka carilah lokasi dekat gedung perkantoran, mall, atau kampus.

4. Melakukan Promosi untuk Usaha Kopi

Promosi menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan untuk memperkenalkan coffee shop kepada konsumen. Oleh karena itu, Anda bisa memulainya dengan promosi di media sosial sambil menyesuaikan dengan konsep coffee shop yang telah dipilih.

Itulah 6 langkah yang perlu Anda perhatikan saat ingin memulai bisnis coffee shop. Anda dapat membuat bisnis menjadi semakin lancar bersama bersama Prudential dengan melakukan investasi selama 1, 3, 6, hingga 12 bulan, dimana bunga yang ditawarkan pun tergolong tinggi.

Selain itu, saat menjalankan bisnis Anda perlu memastikan telah memiliki Asuransi Jiwa yang tepat. Salah satunya yang bisa Anda pilih adalah Prudential. Memiliki produk  PRUSafe Guard, bisa Anda jadikan pilihan tepat, karena mampu memberikan perlindungan kecelakaan di tempat kerja hingga sampai meninggal dunia.

PRUSafe Guard menawarkan jumlah premi terjangkau yang dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda  dalam membayarnya. Bukan hanya itu saja, ada kelebihan dari Asuransi Jiwa ini yang cukup menarik yaitu perlindungan yang diberikan hingga 15 tahun ke depan dengan pembayaran premi hanya dilakukan selama 10 tahun saja.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk PRUSafe Guard dengan mengunjungi website resmi Prudential.

Back to Top