6 Tips Liburan Hemat untuk Melakukan Solo Traveling | Prudential Indonesia

6 Tips Liburan Hemat untuk Melakukan Solo Traveling

Tren melakukan solo traveling akhir-akhir ini sering dilakukan banyak orang. Selain karena untuk mewujudkan wishlist ke destinasi tertentu, sekarang ini sudah makin dipermudah dengan berbagai fasilitas dan aplikasi bagi siapa saja untuk bepergian.

Sayangnya, ada berbagai hambatan yang membuat seseorang mengurungkan niat untuk melakukan solo traveling. Salah satu alasannya adalah budget yang terlalu mahal. Sebenarnya, Anda bisa lho tetap berhemat, meskipun bepergian sendiri. Berikut 6 tips liburan hemat saat solo traveling yang bisa diikuti. 

Mencari Tiket Promo dan Penginapan yang Terjangkau

Tips liburan hemat yang pertama rajin mencari tiket promo transportasi. Jika naik pesawat, saat ini sudah banyak maskapai penerbangan yang sering mengadakan promo di waktu tertentu. Baiknya berlangganan newsletter dari setiap maskapai agar tidak ketinggalan update promonya.

Untuk menghemat budget, menginaplah di homestay atau hostel. Teliti dalam memilihnya dengan cara memerhatikan fasilitas yang tersedia dan kebersihan, baca juga review dari pelancong sebelumnya.  Agar lebih hemat lagi, pilih lokasi menginap yang letaknya tidak jauh dari destinasi wisata.

Mencari Makanan di Restoran Lokal

Agar lebih terjangkau, tips liburan sederhana yang bisa dilakukan juga adalah dengan mencari restoran lokal. Selain harganya yang lebih murah, Anda juga bisa menambah pengalaman mencicipi cita rasa makanan lokal. Jika berada di luar negeri, Anda bisa mengandalkan situs EatWith dan Withlocals untuk melakukan pemesanan makanan atau makan bersama orang lokal yang ada di sana.

Buat Itinerary Perjalanan

Tips liburan hemat untuk solo traveling selanjutnya, jangan lupa untuk membuat itinerary perjalanan. Lakukan riset secara dalam terkait tempat destinasi yang akan dikunjungi, akomodasi, makanan, aturan yang berlaku, biaya hidup, dan lainnya.  Hal ini penting dilakukan untuk memudahkan Anda melakukan perjalanan seorang diri.

Baca juga: Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Ikuti 5 Tipsnya Berikut Ini

Berkenalan dengan Solo Travelers Lain

Cara membuat liburan menyenangkan saat melakukan solo traveling adalah berkenalan dengan orang baru yang mungkin juga melakukan perjalanannya sendirian. Dengan begitu Anda bisa melakukan sharing cost di tempat wisata tertentu atau makanan.

Pilih Tempat Wisata yang Terjangkau

Rasanya saat traveling sendirian ingin mengunjungi banyak tempat wisata yang ada di daerah tujuan, apalagi kita bebas menentukan mau ke mana saja. Tapi jangan terlena ya, cermatlah memilih tempat wisata yang biaya masuknya murah bahkan gratis. Misalnya museum, pantai, atau taman kota. Jangan lupa perhatikan waktu keberangkatan. Harga tiket masuk tempat wisata pada musim liburan cenderung lebih mahal.

Jajan Seperlunya

Terakhir, tips liburan hemat yang perlu dilakukan saat solo traveling, perlu mengurangi keinginan jajan makanan, minuman, suvenir, dan lainnya yang berlebihan. Anda bisa membawa makanan kering dan perbekalan yang cukup untuk menemani perjalanan, bawa juga botol minum sendiri. Di beberapa negara sudah ada yang menyediakan fasilitas keran air minum di tempat publik.

Sebagai tambahan, karena Anda melakukan solo traveling untuk membantu jika suatu saat terjadi sesuatu pada Anda saat sedang berpergian, ada baiknya memiliki asuransi seperti PRUSafe Guard dari Prudential Indonesia.

PRUSafe Guard adalah produk Asuransi Jiwa yang akan memberikan perlindungan bila Anda meninggal dunia sebelum akhir masa perlindungan, dengan berbagai manfaat lainnya, termasuk untuk kecelakaan di tempat kerja, penyakit khusus yang diidap, dan meninggal di transportasi publik. PRUSafe Guard mampu memberikan perlindungan selama 15 tahun dengan waktu pembayaran Premi hanya 10 tahun.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Eropa yang Murah Ini Cocok untuk Para Backpacker

Back to Top