6 Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Keluarga Muda yang Baru Menikah | Prudential Indonesia

6 Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Keluarga Muda yang Baru Menikah

Bagi mereka yang baru saja menikah, perencanaan keuangan keluarga menjadi salah satu hal yang paling penting. Pasalnya, hal ini memiliki dampak besar dalam mewujudkan sebuah keluarga bahagia dan harmonis. Lantas, bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan bagi keluarga muda? Cek terlebih dahulu 6 tipsnya di bawah ini!

Mulai dengan Diskusi

Hal yang harus dilakukan yakni berdiskusi dengan pasangan Anda. Siapkan waktu khusus bertukar pikiran mengenai rencana yang akan ditempuh apakah perencanaan keuangan yang akan dijalankan, dan rencana ke depannya. Pastikan kedua pihak telah setuju dengan keputusan yang diambil, ya.

Tentukan Impian yang Diinginkan

Contoh perencanaan keuangan yang baik, tentunya Anda harus menentukan impian bersama pasangan. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki impian untuk memulai sebuah bisnis, sedangkan pasangan Anda menginginkan hal yang lain. Nah, hal ini harus didiskusikan bersama terlebih dahulu, agar perencanaan keuangan tetap berjalan dengan lancar.

Buat Anggaran Belanja

Tips berikutnya, buat anggaran belanja bulanan agar tahu ke mana uang Anda gunakan. Selalu usahakan kebutuhan pokok dan hindari membeli hal-hal yang tidak perlu.

Catat Setiap Pengeluaran

Demi mewujudkan rencana keuangan yang disepakati, Anda perlu mencatat setiap pengeluaran yang ada. Dengan begini, setiap pasangan akan mendapatkan informasi mengenai pengeluaran apa saja yang berdampak pada anggaran belanja.

Pisahkan Tabungan Masa Pensiun

Salah satu hal penting yang kerap dilupakan oleh pasangan yang baru menikah yaitu tabungan masa pensiun. Tabungan ini akan jauh lebih baik jika disiapkan secara khusus dan terpisah dengan tabungan yang lainnya.

Baca juga: Perempuan Juga Harus Paham Literasi Keuangan

Hindari Berutang

Meski terlihat sebagai solusi, berutang ternyata bisa membuat rencana keuangan Anda jadi memburuk. Ada baiknya jika Anda hidup lebih hemat untuk menyiasati kekurangan dibandingkan dengan menumpuk utang. Pasalnya, jika sudah menjadi kebiasaan, tidak sedikit orang yang bisa bebas darinya.

Demikianlah sekilas tips mengenai perencanaan keuangan rumah tangga yang baik. Selain melakukan hal-hal tersebut, jangan lupa untuk menyiapkan perlindungan asuransi dari Prudential Indonesia berupa PRUSafe Guard agar hidup Anda bebas dari rasa khawatir oleh kemungkinan buruk yang mungkin terjadi kapan saja.

Produk Asuransi Jiwa ini memberikan perlindungan jika meninggal dunia sebelum akhir masa perlindungan, dengan berbagai manfaat lainnya, termasuk untuk penyakit khusus, kecelakaan di tempat kerja, dan meninggal di transportasi umum.

PRUSafe Guard tersedia dengan Premi yang terjangkau dan dapat dikembalikan pada akhir masa perlindungan. Produk Prudential ini juga memberikan perlindungan selama 15 tahun dengan masa pembayaran Premi hanya 10 tahun.

Baca juga: Pentingnya Belajar Pengelolaan Keuangan Sejak Kecil Demi Masa Depan

Back to Top